Berita

16 Orang Pejabat UIN Training Manajemen di Yogyakarta

Penulis : TIM HUMAS, 21 Desember 2016, 13:52:35

Semarang Sebanyak 16 orang pejabat di lingkungan UIN Walisongo mengikuti Training Manajemen di Yogyakarta. Mereka terdiri dari para Wakil Dekan II (Bidang Perencanaan, Administrasi Umum dan Keuangan) dan para Kepala Bagian (Kabag) untuk mengikuti Training Manajemen : Pengelolaan BLU Pendidikan Tinggi di Pusat Studi Manajemen Pendidikan Tinggi (PSMPT)  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dari 20-23 Desember 2016 di Hotel Jayakarta Yogyakarta.

Target dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) UIN Walisongo Semarang dalam pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU).

Wakil Rektor II UIN Walisongo, Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag., mengatakan bahwa UIN Walisongo Semarang telah berubah status dari Satker biasa ke Satker BLU mulai dari tahun 2009. Dalam rentang waktu lebih dari 5 tahun ini satker BLU UIN Walisongo terus melakukan pembenahan, apalagi direncanakan mulai tahun 2017 akan diterapkan sistem remunerasi dalam pembayaran penggajian kepada seluruh pegawai dan dosennya.

“Sebagaimana diketahui sejalan dengan terbitnya Undang-Undang nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, pemerintah memperkenalkan Pola PK BLU bagi satker yang menyediakan layanan kepada masyarakat. Secara khusus ketentuan mengenai PK BLU diatur pada pasal 68 dan 69 undang-undang dimaksud, yang kemudian diterjemahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2005 tentang PK BLU,” katanya.

Ia menambahkan bahwa hal ini membuka koridor baru bagi penerapan basis kinerja di lingkungan pemerintah yang melaksanakan tugas operasional pelayanan publik (seperti layanan pendidikan, kesehatan, pengelolaan kawasan, lisensi dan pengelola dana). Dengan Pasal 68 dan Pasal 69 dari undang-undang tersebut, instansi pemerintah yang tugas pokok dan fungsinya memberi pelayanan kepada masyarakat dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang fleksibel dengan menonjolkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas.

“Instansi BLU ini diharapkan menjadi contoh konkret yang menonjol dari penerapan manajemen keuangan berbasis pada hasil kinerja. Praktik ini telah berkembang luas di manca negara berupa upaya pengagenan (agencification) aktivitas yang tidak harus dilakukan oleh lembaga birokrasi murni, tetapi diselenggarakan oleh instansi yang dikelola ala bisnis (business like) sehingga pemberian layanan kepada masyarakat menjadi lebih efisien dan efektif,” tambahnya.

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

Mutiara Al-Ghazali

Carilah hatimu di tiga tempat. Temui hatimu sewaktu bangun membaca Al-Qur’an. tetapi jika tidak kau temui, carilah hatimu ketika mengerjakan sholat. Jika tidak kau temui juga, carilah hatimu ketika duduk tafakur mengingati mati. Jika kau tidak temui juga, maka berdo’alah kepada ALLAH, mintalah hati yang baru karena hakikatnya pada ketika itu kau tidak mempunyai hati.

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal