Berita

Delegasi UIN Walisongo Kunjungi Dua Universitas Australia

Penulis : TIM HUMAS, 22 Desember 2016, 10:38:09

Melbourne, Australia – Delegasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, yang terdiri dari Wakil Rektor I Dr H Musahadi MAg dan Kepala International Office H Tolkah MA, melakukan kunjungan ke dua universitas di Australia, yaitu Deakin University dan Victoria University (18-21/12). Kunjungan yang difasilitasi oleh Kementerian Agama RI ini untuk menjajaki berbagai kerjasama antaruniversitas. Selain pengiriman tenaga pengajar untuk studi lanjut, salah satu rintisan kerjasama yang menjadi perhatian adalah program Islamic Community Leaders di Victoria University. 

Musahadi menuturkan bahwa secara umum pemerintah Australia tengah menyiapkan program-program pendidikan dan training bagi para imam dan pemimpin agama. Hal ini didasari gesekan akibat keyakinan agama yang berbeda kerap terjadi di masyarakat Australia dan tidak jarang berwujud tindak kekerasan. Sebab itu program ini dimaksudkan untuk membekali para pemimpin agama itu agar memiliki wawasan keberagaman dan mendukung hubungan yang harmonis serta toleran.

“Kami (UIN Walisongo) tentu siap berperan bersama sebagai bagian dari jejaring akademik untuk mempromosikan perdamaian dan harmoni. Kami telah bekerja dengan para ahli yang berpengalaman dan memiliki hasil-hasil riset dan referensi yang memadai. Bahkan termasuk teks-teks khutbah,” ungkap Musahadi.

Lebih lanjut ia menilai program ini Di Australia akhir-akhir ini gesekan akibat keyakinan agama yang berbeda kerap terwujud dalam tindak kekerasan di masyarakat.. Beberapa negara Eropa telah memulainya sekitar satu dekade lalu. “Belanda misalnya, sejak tahun 2005 telah memberikan pendidikan khusus bagi para imam karena menyadari pentingnya proses integrasi masyarakat muslim yang mayoritas imigran sebagai warga Belanda.”

Kunjungan di Victoria University diterima secara langsung oleh Vice President (International), Steve Berridge didampingi oleh beberapa staf internasional dan beberapa mahasiswa asal Indonesia. Sementara itu kunjungan ke Deakin University membicarakan program beasiswa studi lanjut bagi alumni PTKI di perguruan tinggi tersebut. Di Deakin delegasi diterima oleh John Molony, Pro Vice-Chancellor (International) didampingi oleh Prof Chris Hickey, Chair Academic Board Faculty of Art and Education dan Prof David Mellor, Wakil Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan serta Karen Gould (international Manager).

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

Q.S. Yusuf (87)

“Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang kufur (terhadap karunia Allah).”


Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Sistem Informasi Remunerasi (SIREMUN) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal