Berita

LPPOM MUI JATENG - JURUSAN KIMIA UIN WALISONGO KERJA SAMA KEMBANGKAN KEHALALAN P

Penulis : TIM HUMAS, 08 Juni 2017, 10:46:50

Semarang - Pada hari Senin (29/5) LPPOM MUI Jateng melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Jurusan Kimia UIN Walisongo Semarang. Perjanjian kerjasama tersebut meliputi bidang pendidikan, pelatihan, pengabdian masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia. Perjanjian ini ditandatangani oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, selaku pihak pertama dan direktur LPPOM MUI Jateng, Prof Dr H Ahmad Rofiq MA, selaku pihak kedua.

Bertempat di kantor LPPOM MUI Jateng, Prof Dr H Ahmad Rofiq MA, menyambut dengan hangat adanya perjanjian kerjasama dengan Jurusan Kimia UIN walisongo. Beliau menegaskan bahwa sertifikasi halal sangat penting bagi konsumen. Dengan adanya kerjasama ini, pihaknya berharap agar mahasiswa kimia UIN Walisongo dapat bersinergi dengan LPPOM untuk mengembangkan lebih jauh mengenai Sistem Jaminan Halal (SJH).

Dr. Ruswan M.A. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang dibina dan berharap agar mahasiswa kimia dapat belajar bersama pakar-pakar yang telah ada di LPPOM MUI Jateng. “Isu yang diangkat oleh LPPOM MUI Jateng terkait halal perlu mendapatkan perhatian yang serius dan merupakan lahan garapan penelitian yang menarik”, tandasnya.

Ketua Jurusan Kimia, Malikhatul Hidayah, ST. M.Pd menambahkan sebaiknya mahasiswa belajar banyak mengenai kehalalan suatu produk. “Produk yang terlihat halal bila di dalam prosesnya tidak mengindahkan aspek-aspek kehalalan maka produk tersebut menjadi tidak halal lagi”, tegasnya. Sebagai contoh, air minum dalam kemasan yang biasa menggunakan karbon dalam proses penyaringannya. Jika dilihat secara kasat mata, air minum tersebut adalah barang halal namun kita tidak tahu dari bahan apakah karbon tersebut didapat, dari kayu ataukah dari tulang babi. Untuk itu, mahasiswa perlu berlatih banyak dengan bimbingan langsung dari ahli di LPPOM MUI Jateng.

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

QS. Al-Baqoroh (2:45)

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal