Berita

Mahasiswa Kimia Belajar Langsung Proses Produksi PT. Victoria Care

Penulis : TIM HUMAS, 10 Januari 2017, 15:02:21

Semarang - Sebanyak 7 dosen dan 45 mahasiswa jurusan kimia UIN Walisongo berkunjung ke PT. Victoria Care, Kalipancur, Ngaliyan, Kota Semarang pada Kamis (5/1). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai proses produksi yang ada di salah satu industri kimia di Semarang.

PT. Victoria Care merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Perusahaan yang beberapa produknya telah tersertifikasi halal tersebut memproduksi kosmetik, peralatan mandi, dan kesehatan.

Supervisor perusahaan, Bapak Widi menyambut dengan baik kedatangan rombongan. Beliau menyatakan bahwa pada perusahaan yang memproduksi produk kecantikan, peran kimiawan sangatlah dibutuhkan terutama pada proses pengontrolan kualitas produk dan pengelolaan limbah pabrik.

Ketua Jurusan Kimia, Malikhatul Hidayah, S.T., M.Pd. menegaskan bahwa mahasiswa kimia perlu belajar banyak di lapangan agar ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dapat teraplikasikan.

Selama kurang lebih 3 jam, mahasiswa diajak untuk belajar proses produksi, uji kualitas produk, pengemasan, hingga pengolahan limbah.

Di dalam proses produksi, mahasiswa dikenalkan kepada beragam produk yang menggunakan bahan baku alami seperti daun sirih, manjakani, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Mahasiswa juga masuk ke dalam laboratorium untuk mempelajari proses uji kimia, uji fisika, uji stabilitas, dan lain-lain. Di dalam proses pengemasan, mahasiswa diperlihatkan tahapan-tahapan mulai dari filling, sealing, dan labelling.

Di bagian akhir, mahasiswa diajak berkeliling minimuseum. Di dalam minimuseum terdapat beberapa dokumentasi warisan leluhur dan koleksi benda-benda kuno seperti perlatan menyirih, tempat membasuh kaki para raja, alat tindik, dan lain-lain.

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

QS. Al-Baqoroh (2:45)

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Sistem Informasi Remunerasi (SIREMUN) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal