Berita

Menteri Agama Dukung Deklarasi Kebangsaan Alumni UIN Walisongo

Penulis : TIM HUMAS, 12 Mei 2017, 14:29:39

Semarang – Menteri Agama Drs Lukman Hakim Syaifuddin mendukung gerakan deklarasi kebangsaan yang dilakukan KALAM UIN Walisongo.  

“Saya sangat bersyukur bisa hadir di forum halaqoh kebangsaan dengan tema meneguhkan semangat berbangsa dan bernegara kaum santri di UIN Walisongo,” ujar Menag disela-sela acara Halaqoh kebangsaan di aula II kampus 3 pada Jumat, (12/5).

Menag menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada alumni UIN Walisongo se-Indonesia, yang telah menginisiasi halaqoh kebangsaan.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat relevan sesuai kondisi bangsa kita. Kita harus terpanggil bagaimana menjaga nilai-nilai yang selama ini kita pegangi. Semoga kita menjadi semakin baik dan menjaga bangsa dan negara dengan baik,”.

Ketua Kalam Walisongo Lukman Hakim MSi mengatakan bahwa kondisi negara kita harus dimotivasi semangat berbangsa dan bernegara. Momentum ini menjadi penting akan kesadaran kita terhadap keragaman berbangsa dan bernegara. Deklarasi walisongo merupakan komitmen kebangsaan alumni Walisongo terhadap NKRI.

“Halaqoh ini mengambil inti bahwa santri punya andil besar terhadap NKRI. Konsep yang diajarkan kiai hasyim asyari terkait hubbul waton minal iman menjadi bukti nyata peran santri sejak zaman dahulu,” katanya.

Rektor UIN Walisongo, Prof Dr H Muhibbin MAg juga mendukung deklarasi kebangsaan yang dilakukan Kalam Walisongo. Bahkan inisiasi ini sudah dilakukan UIN Walisongo melalui gerakan Rahim Bangsa dengan Mengundang Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Bahkan mahasiswa UIN Walisongo juga ikut menandatangani deklarasi kebangsaan meneguhkan NKRI di kampus.

Pedoman yang dipakai untuk menjaga keutuhan bangsa yaitu memakai simbol PBNU (Pancasila, Bineka Tunggal Ika, NKRI, Undang-Undang Dasar 1945).

Turut hadir dalam acara Kepala Kanwil Kemenag Jateng, Direktur Pontren, Polda, dan Pangdam IV Diponegoro. Rangkaian acara alumni yaitu jalan sehat kebangsaan pada tanggal 13 Mei, Dialog Publik, dan Pagelaran Wayagn Kulit. 

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

QS. Al-Baqoroh (2:45)

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal