Berita

Sulistyowati Raih Cumlaude, Berwirausaha sejak Awal Kuliah

Penulis : TIM HUMAS, 28 Juli 2017, 10:26:20

Semarang - Salah satu wisudawati di UIN Walisongo, Sulistyowati dari Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) program studi Ekonomi Islam yang lulus cumlaude dengan indeks prestasi 3,61 merupakan salah satu mahasiswa yang memilih untuk berwirausaha sejak di awal kuliah. Gadis kelahiran Pati, 3 September 1990 ini, sejak semestar awal, tepatnta pada 2015 memilih untuk terjun menjadi wirausaha. Lewat usaha produksi fashion khusus untuk segmen wanita muda pekerja dengan merek  ''El Zora'' ini, setiap bulan ia berhasil meraih omzet puluhan juta rupiah.

''Rencananya setelah lulus, saya akan mengembangkan usaha penjualan baju dengan membuka gerai di ruko selain berjualan secara online ini,'' jelasnya di sela-sela gladi bersih wisuda, kemarin.

Awalnya, Sulis melakoni usaha jual baju secara online untuk sampingan saat kuliah dengan menjadi reseller atau menjualkan produk orang lain. Namun, lantaran insting bisnisnya cukup kuat, ia kemudian mencoba membuat sendiri produk fashion wanita. ''Ternyata respons konsumen luar biasa, hingga terus berkembang seperti sekarang,'' ujar dia.

Untuk mempertahankan pasar pun, ia selalu mengamati model-model fashion terbaru yang menjadi tren dari berbagai sumber di internet. Model tersebut kemudian dikombinasikan dengan keinginan konsumen di tamah air. ''Untuk penjualan selain secara online, saya banyak dibantu oleh reseller yang tersebar di berbagai kota di tanah air. Saat ini jumlahnya ada 23 orang dan semuanya wanita mulai dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga,'' kata dia.

Sulistyawati mengaku memilih menjadi pengusaha karena ingin bermanfaat bagi banyak orang. Karyawan di usahanya saat ini memang hanya dua orang di bagian pelayanan pelanggan, namun untuk desain dan produksi dengan sistem kontrak jumlahnya mencapai puluhan. Ia memiliki tiga rekanan khusus untuk produksi pakaian yakni di tiga kota yakni Pati, Ungaran dan Yogyakarta.

Berkat kegigihan Sulis untuk merintis usaha, berbagai penghargaan pun diperolehnya. Antara lain juara 1 business dan pembinaan wirausaha baru Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, peraih Student Entrepreneurship development programe di Universiti Sains Islam Malaysia dan mendapat penghargaan Yubi Warior yang diadakan oleh Komunitas Yukbisnis Indonesia yang diadakan di Bali.

Sulis yang mereknya memiliki tagline "love magnet fashion" ini pelanggan sudah tersebar di seluruh penjuru tanah air, kecuali Papua. ''Dalam waktu dekat juga akan tembus kesana,'' ujarnya.

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

QS. Ali-Imran (147)

“Ya Robb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Sistem Informasi Remunerasi (SIREMUN) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal