Berita

UIN Walisongo Menjadi Pilot Project SIKD

Penulis : TIM HUMAS, 11 April 2017, 17:41:43

Semarang – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menjadi satu-satunya perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Agama yang dipercaya oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada tahun 2017. Sebagai lembaga yang akan menjadi pilot project bagi sistem ini UIN Walisongo Semarang tengah menyiapkan berbagai instrumen yang dibutuhkan, mulai dari Tata Naskah Dinas, Jadwal Retensi Arsip hingga sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip.

“Kami akan melakukan pendampingan selama satu tahun untuk implementasi SIKD ini. Kami sampaikan terimakasih kepada UIN yang menunjukkan komitmennya untuk membangun sistem tata kearsipan yang baik setelah kesepakatan bersama dengan ANRI. Empat hari tim kami akan di sini untuk memandu pada tahap awal penyusunan,” tutur Direktur Kearsipan Pusat ANRI Dra Listyaningtyas M. dalam rapat koordinasi dengan pimpinan UIN dan tim teknis di Ruang Sidang Rektorat Lantai II Kampus I (10/4).

Pada kesempatan ini Rektor Prof Dr H Muhibbin MAg menguatkan kembali komitmennya tentang perwujudan tata kelola arsip yang baik dan tertib di UIN Walisongo Semarang. “Di banyak lembaga, barangkali juga di kami sendiri, banyak arsip yang ‘tidak kopen’ dan dipandang tidak penting. Padahal ini tidak tepat. Ada arsip-arsip yang penting, misalnya terkait dengan sejarah yang seharusnya dijaga dengan baik,” kata Muhibbin.

Selanjutnya Rektor menyampaikan terimakasih atas pendampingan yang dilakukan oleh tim ANRI kepada UIN Walisongo Semarang. Sebagai satu-satunya PTKIN yang ditunjuk dalam implementasi SIKD, UIN akan menyiapkan kebutuhan dengan sebaik-baiknya.

Dalam rapat terbatas ini hadir Wakil Rektor II Prof Dr H Imam Taufiq MAg, Kepala Bagian Umum H Nurrohman SAg SPd MM, Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian Dra Hj Siti Nur Faizah MM dan anggota tim teknis.  

 

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

Mutiara Al-Ghazali

Carilah hatimu di tiga tempat. Temui hatimu sewaktu bangun membaca Al-Qur’an. tetapi jika tidak kau temui, carilah hatimu ketika mengerjakan sholat. Jika tidak kau temui juga, carilah hatimu ketika duduk tafakur mengingati mati. Jika kau tidak temui juga, maka berdo’alah kepada ALLAH, mintalah hati yang baru karena hakikatnya pada ketika itu kau tidak mempunyai hati.

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal