Berita

UIN Walisongo Terima 3870 Mahasiswa Baru

Penulis : TIM HUMAS, 11 Juli 2017, 14:50:52

Semarang – Universitas Islam Negeri Walisongo akan menerima 3870 mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018. Jumlah mahasiswa tersebut diseleksi melalui 6 jalur.

Enam jalur tersebut yaitu jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) , Ujian jalur mandiri, jalur mandiri prestasi.

Hal ini disampaikan Rektor UIN Walisongo Prof Dr H Muhibbin MAg saat memonitoring ujian jalur mandiri di aula kampus 3 UIN Walisongo pada Selasa, (11/7)

Ujian Jalur Mandiri

Ujian mandiri pada hari ini sebanyak 2571 orang.  Ujian ditempatkan di kampus 2 dan kampus 3. Ujian dibagi dua kelompok yaitu kelompok IPA/IPC dan kelompok IPS. Kelompok ujian IPA/IPC 1040 peserta dibagi 52 ruangan, kelompok ujian IPS 1531 peserta dibagi di 77 ruangan, jadi total peserta 2571 orang. Soal ujian terdiri dari soal tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar, dan juga tes wawasan keislaman dan tes soal MIPA. Ujian dimuali pukul 07.00 sampai 11.30

Rektor UIN Walisongo mengatakan, Ujian jalur mandiri ini dilakukan bagi peserta yang tidak bisa mengikuti jalur sebelumnya, atau karena mereka yang sudah lulus lama.

Fakultas favorit yaitu Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan (FITK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan FEBI di Program Studi Ekonomi Islam dan Fakultas Sains dan Teknologi program studi Matematika. Program studi yang sepi peminat yaitu Prodi Akidah Filsafat Fakultas Ushuluddin dan Humaniora

“Bagi prodi yang sepi peminat tentu kita tetap promosikan, tentunya prodi ini malah lebih teropeni dan menghasilkan lulusan terbaik. Kuliah itu jangan harap nanti jadi apa, tapi kuliah agar dapat meraih ilmu setinggi-tingginya,” katanya.

Ia menambahkan bahwa persaingan untuk masuk di UIN Walisongo sekarang sangat ketat, bisa jadi satu orang menyingkirkan lebih dari sepuluh orang.

“Jangan khawatir masuk di prodi yang sepi peminat, Justru dari fakultas yang minoritas banyak alumninya meraih gelar profesor, seperti Prof Dr Abdul Jamil rektor periode 2013,” tambahnya.

UIN Walisongo juga akan menerima mahasiswa baru dari luar negeri yaitu calon mahasiswa dari Thailand dan Malaysia. Pengumuman ujian jalur mandiri ini akan dilakukan pada tanggal 25 Juli mendatang.

Secara riel UIN Walisongo menetapkan mahasiswa melalui enam jalur diatas. Teorinya UIN Walisongo menetapkan kuota SNMPTN & SBMPTN 30 persen, SPAN-PTKIN & UMPTKIN 30 persen, dan Ujian Mandiri (UM) maksimum 30 persen. Akan tetapi praktik dilapangan tidak terpaku pada ketetapan tersebut.

Di beberapa kampus yang lain, mahasiswa yang diterima  juga banyak yang tidak kembali. Ada beberapa alasan yaitu masih ada jalur yang lain, dia mendaftar di dua tempat sehingga dia memilih salah satu.

Ada beberapa kursi yang ditinggalkan calon mahasiswa, sehingga kuota akan ditambahkan pada jalur selanjutnya. Setelah tanggal 21 juli kita akan menetapkan kuota tambahan calon mahasiswa yang akan diterima di UIN Walisongo. Pada hari ini calon mahasiswa UIN Walisongo sedang daftar ulang yaitu dari jalur SBMPTN yang akan berakhir pada tanggal 14 Juli besok.

KOMENTAR
Nama
Website
Email
Komentar
 
Berita Lainnya

Mutiara Hikmah

QS. Al-Baqoroh (2:45)

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’

Lihat Berdasarkan Kategori

    Sistem Informasi Akademik (SIA) Sistem Informasi Remunerasi (SIREMUN) Tracer Study PBB LPPM Perencanaan IAIN Walisongo Unit Lelang & Pengadaan IsDB Walisongo Pascasarjana IAIN Walisongo Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Digilib IAIN Walisongo Katalog Perpustakaan IAIN Walisongo Electronic Journal