UIN WALISONGO TERIMA PENDAFTARAN JALUR SPAN-UM PTKIN

Rangkaian penerimaan mahasiswa jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) resmi dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta Senin (29/01). SPAN-UM PTKIN tahun ini mengusung tema Gerbang Masa Depan Insan Paripurna, dan menargetkan 175 ribu pendaftar.

Menteri Agama dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa SPAN dan UM PTKIN merupakan ajang mempromosikan PTKIN. Untuk itu seluruh PTKIN harus berupaya untuk mempromosikan program studi keagamaan karena prodi keagamaan merupakan DNA dari PTKIN.

“Seluruh PTKIN harus mempromosikan secara terbuka dan sistematis program studi keagamaan karena itu merupakan DNA-nya PTKIN”, ujarnya saat launching SPAN-UM PTKIN di Jakarta.

Menteri Agama juga mengingatkan pada Universitas Islam Negeri (UIN) yang saat ini menyelenggarakan program studi umum untuk tetap mengedepankan prodi keagamaan agar pengetahuan keislamannya tidak luntur.

“Program-program studi keislaman perlu dikawal dengan sebaik-baiknya. Karena itu ‘core’ kita. Begitu juga program studi yang bersifat umum,” ujarnya.

Tahun ini UIN Walisongo Semarang akan menerima mahasiswa baru sejumlah 2778 yang dijaring melalui jalur SPAN-UM PTKIN, terdiri dari 27 Program Studi yang ada di 8 Fakultas. Pengisian PDSS dimulai 30 Januari sampai dengan 24 Februari 2018,  pendaftaran SPAN PTKIN dijadwalkan berlangsung dari tanggal 1-29 Maret 2018, dan hasil seleksinya akan diumumkan pada 1 Mei 2018.

Sedangkan untuk pendaftaran UM PTKIN, rencananya akan dibuka mulai tanggal 12 April-8 Mei 2018. Ujian akan digelar pada 22 Mei dan hasilnya diumumkan pada 10 Juli 2018.

Informasi lebih lengkap tentang SPAN PTKIN dan UM PTKIN 2018, dapat mengunjungi laman www.span-ptkin.ac.id, www.um-ptkin.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X