MR JOSEPH R DONOVAN JR DUBES USA BERKUNJUNG KE UIN WALISONGO SEMARANG

Duta Besar Amerika Serikat, Mr. Joseph R. Donovan Jr, berkunjung ke UIN Walisongo Semarang pada kamis (22/02). Kunjungan Dubes AS tersebut disambut dengan hangat oleh Wakil Rektor II UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufiq M Ag di ruang Pimpinan. Wakil Rektor II menyampaikan bahwa UIN Walisongo Semarang telah berupaya melakukan terobosan perubahan besar dalam peningkatan kualitas akademik untuk kemanusiaan dan peradaban.

Setelah mengadakan pembicaraan perkenalan dan mengutarakan maksud serta tujuan kunjungan kepada WR II, kemudian  Mr. Joseph R. Donovan Jr  melanjutkan berkunjung ke Perputakaan Universitas di kampus 3. Rombongan diterima oleh Kepala Perpustakaan dan staf yang tekait serta disambut hangat oleh mahasiswa yang tergabung dalam Walisongo English Club dan mahasiswa yang lain. Dubes mengunjungi salah satu fasilitas di perpustakaan yang merupakan program kemitraan antara UIN Walisongo Semarang dan Kedutaan Amerika Serikat Jakarta, American Corner (Amcor). Amcor telah berada di perpustakaan sejak tahun 2004. Dalam kunjungan tersebut, Dubes AS memberikan informasi terkait dengan kehidupan sosial budaya dan masyarakat di Amerika. Dubes minta agar Amcor ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan tidak hanya pendidikan akan tetapi juga untuk kepentingan lain yang lebih luas sepanjang dalam koridor  hubungan baik antar dua negara.

Duta Besar Donovan juga sangat semangat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan mencermati setiap masukan atau kritikan yang diajukan kepadanya. Pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa sangat beragam mulai dari perbedaan sistem pendidikan, sosial budaya bahkan juga tentang masalah sensitif isu-isu keislaman.  Bagaimana bisa mendapatkan pendidikan dengan beasiswa adalah pertanyaaan standar yang pasti muncul disertai dengan strategi kemudahan mendapatkan student visa.

Mr. Joseph R. Donovan Jr merasa sangat puas dengan hasil kunjungan tersebut sehingga waktu hampir dua jam tak terasa dan berlalu begitu cepatnya. Beliau mengatakan ” Saya sangat terkesan dan senang berada di UIN Walisongo Semarang dan berharap akan datang lagi.” sebelum menutup pintu mobilnya untuk agenda selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X