FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN WALISONGO GELAR STADIUM GENERAL

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Studium General pada hari Rabu, 27 Februari 2018. Acara yang bertempat di Aula 1 Kampus 1 UIN Walisongo tersebut, dihadiri lebih dari 700an mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Tema yang dipilih adalah, tentang penguatan dakwah melalui pariwisata Islam dengan menghadirkan pembicara dari  Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata yang diwakili oleh Bambang Siswanto sebagai Kasi Pengembangan Usaha Pariwisata, serta Doktor baru di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Hatta Abdul Malik.

Bambang Siswanto menyampaikan materi tentang manajemen pariwisata Islam. Menurutnya pariwisata halal menjadi tema yang sedang kian digiatkan dalam kepariwisataan di Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri masih banyak pontensi yang belum dimaksimalkan. “Penghargaan untuk destinasi wisata syariah dua di antaranya dimiliki Pulau Lombok NTB dan satu penghargaan lagi disematkan kepada Jakarta, Jawa Tengah belum dapat sama sekali”.

Sementara itu, Hatta Abdul Malik memaparkan tentang pentingnya kesadaran dalam mempromosikan potensi wisata halal di Indonesia, dan Jawa Tengah pada umumnya, di tingkat dunia. Menurutnya, di tahun 2016 jumlah wisatawan Indonesia hanya mencapai angka 12,02 milyar. Kalah jauh dengan malaysia yang di angka 26.8 milyar.

“Jadi, jurusan Manajemen Dakwah di UIN Walisongo yang telah memiliki konsentrasi manajemen wisata religi ini memiliki peluang besar untuk bisa mengembangkan website atau aplikasi pariwisata Islam” tuturnya.(usfm_fdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X