PERINGATI DIES NATALIS KE- 48 UIN WALISONGO SEMARANG ADAKAN ZIARAH WALISONGO

UIN Walisongo Semarang dalam rangka Dies Natalisnya yang ke- 48 tahun 2018 ini telah melaksanakan ziarah ke makam-makam Walisongo. Tradisi ziarah ini sudah terlaksana secara rutin beberapa tahun sebelumnya. Semua Pimpinan UIN Walisongo Semarang dan beberapa dosen serta pegawai ikut dalam acara ziarah tersebut yang berlangsung selama 3 hari sejak 23 hingga 25 maret 2018.

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Muhibbin M Ag, yang ikut dalam ziarah itu menegaskan, “Ziarah tahun ini semua Walisongo kita datangi. Ada rombongan kecil yang berziarah ke Sunan Gunungjati di Cirebon Jawa Barat, selain itu ada juga rombongan dengan dua bus besar ke delapan Wali lainnya baik yang ada di Jawa Tengah maupun yang di Jawa Timur”

“Ziarah ini dimaksudkan bahwa UIN Walisongo Semarang yang telah genap usianya yang ke – 48 diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan bagi kepentingan kemanusiaan dan peradaban. Perubahan ini tentunya harus berkaca dengan nilai filosofis dari dakwah yang telah dilaksanakan oleh Para Walisongo” imbuh Rektor.

“Dakwah yang telah dilaksanakan oleh Para Walisongo tentunya tidak berlangsung dengan mudah dan sederhana. Ada beberapa tantangan serta persoalan yang dihadapinya. Tantangan itu baik dari sisi persoalan sosial kemasyarakatan maupun dari soal perbedaan teologi yang sudah berkembang saat itu. Namun Demikian Para Walisongo dengan kearifan dan kebijakannya yang visioner mampu menyelesaikan tantangan itu dengan penuh wibawa dan bermartabat”.

Oleh karena itu, Rektor berharap bahwa UIN Walisongo Semarang dengan usianya yang semakin matang ini harus belajar dari kearifan Para Walisongo dalam berdakwah. Segenap civitas akademika UIN Walisongo Semarang harus mampu menghadapi tantangan dan persoalan yang menghadang di depan dan tentunya sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing-masing.

“Marilah kita jadikan ziarah kali ini di samping sebagai “ngalap barokah” dari Para Walisongo, akan tetapi yang lebih penting adalah UIN Walisongo Semarang harus mampu berperan yang lebih baik dan menjadi terdepan dalam dinamika kemanusiaan dan peradaban” kata Rektor mengakhiri acara ziarah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X