FAKULTAS USHULUDIN UIN SUSKA RIAU BELAJAR PENGEMBANGAN PRODI DI FUHUM UIN WALISONGO

Semarang- Fakultas Ushuludin dan Humaniora UIN Walisongo terima kunjungan UIN SUSKA Riau, kunjungan yang bertajuk Persiapan Akreditasi Prodi Ilmu Hadist dan Rencana Penyusunan Prodi Baru UIN SUSKA Riau ini berlangsung di Ruang Rapat Fakultas Ushuludin dan Humaniora UIN Walisongo. Dalam kesempatan ini Dr. Welaela, M.Ag selaku penanggung jawab kunjungan dari Fakultas Ushuludin UIN SUSKA Riau Hadir ke FUHUM UIN Walisongo bersama 27 orang rombongan.

Kegiatan baik ini disambut secara resmi oleh Dekan FUHUM UIN Walisongo Dr H Mukhsin Jamil dalam sambutannya beliau menyampaikan;

” Saya Selaku Dekan FUHUM UIN Walisongo sangat senang sekali atas kedatangan rombongan UIN SUSKA Riau semoga hubungan baik ini akan terus terjaga dan terbina, sebenarnya dalam kegiatan kali ini kita saling bisa bertukar informasi dan tentunya pasti ada hal baik yang dibawa rombongan ibu welaela dan juga sebaliknya mungkin ada hal baik dari FUHUM UIN Walisongo yang bisa dijadikan sebuah oleh-oleh” ungkap Mukhsin saat isi sambutan pembuka.

Dalam tanggapan sambutan oleh Dr Khairunnas Jamal MAg selaku ketua rombongan UIN SUSKA Riau menyampaikan “ Dalam rangka pengembangan prodi kami, yaitu keinginan untuk membuka prodi baru yang sesuai dengan harapan masyarakat dan berhasil dalam pengelolaannya, maka penting bagi kami beserta tim yang terlibat dalam perancangan prodi baru belajar langsung ke FUHUM UIN Walisongo yang telah sukses membuka prodi baru yang diminati masyarakat. Kami beserta tim perlu mempelajari bagaimana pengembangan akademik di bidang pengelolaan kelas internasional dan keikutsertaan dalam ajang internasional, sebagai indikator kinerja umum dalam perwujudan renstra UIN Suska Riau” ungkapnya

Pengembangan prodi pendidikan sangat penting dilakukan sebagaimana diamanatkan undang-undang pendidikan Nomor 20 Tahun 2003  tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwasanya lembaga pendidikan tinggi islam secara husus harus senantiasa inovatif, menarik dan bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi umum untuk mencapai kesusksesan.

Terbukti kesuksesan ini diraih oleh FUHUM UIN Walisongo Semarang dalam Inovasi pendidikannya bisa menarik minat Masyarakat untuk berkuliah di UIN Walisongo Semarang.

Dr Khairunnas Jamal MAg menyampaikan “Kerjasama untuk terlaksananya kegiatan ini dilakukan dengan FUHUM UIN Walisongo Semarang, karena:

  1. UIN Walisongo merupakan salah satu PTKIN yang dipandang progresif. UIN Semarang, terutama Fakultas Ushuluddin dan Humaniora telah berhasil dengan cepat berubah menjadi lembaga yang yang diakui mutu dan diminati prodi-prodinya.
  2. Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau telah menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang pada April 2018 yang lalu. Kegiatan persiapan untuk akreditasi prodi Ilha dan pembukaan prodi baru ini merupakan implementasi nota kesepahaman di atas.
  3. FUHUM UIN Walisongo berhasil membuka prodi baru, yaitu Seni dan Arsitektur Islam, sebagai yang pertama di PTKIN. Prodi ini lahir dan langsung mendapat tempat di tengah Dalam rangka persiapan akreditasi prodi Ilha dan dalam upaya pengembangannya sebagai prodi yang diminati, serta dalam rangka penjajagan pembukaan prodi baru, maka kegiatan semiloka menjadi penting dan perlu.
  4. FUHUM UIN Walisongo menjadi mitra kerjasama kegiatan ini, karena berhasil mengelola Kelas Internasional untuk semua prodi di bawahnya. Hal ini berbeda dengan yang dilaksanakan di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, saat ini baru mampu melaksanakan Kelas Internasional untuk satu prodi. Bagaimana pengelolaan kelas internasional dengan efektif dan efisien untuk semua prodi ini juga perlu dipelajari dan diadopsi.” Tegasnya saat menyampaikan alasannya berkunjung di FUHUM UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan dilanjutkan dengan saling tukar Cindera Hati dan Foto bersama diakhiri dengan ramah tamah, Rabu (11/7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X