TANOTO FOUNDATION BERSAMA UIN WALISONGO SIAPKAN CALON GURU PROFESIONAL

Semarang – Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang melakukan kerja sama dengan Tanoto Foundation dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Kerja sama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian  oleh Rektor UIN Walisongo Prof Dr Muhibbin MAg dan Direktur Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation, Stuart Weston, di Gedung Rektorat Lantai 2 Kampus I UIN Walisongo Semarang, Jum’at (20/7).

“Kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat peran dari Universitas Islam Negeri Walisongo yang memiliki Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebagai lembaga pencetak guru. Progam utamanya adalah mempersiapkan calon guru untuk menjadi pendidik yang profesional. Strateginya dengan mengintegrasikan antara teori dan praktik, memperbanyak praktik-praktik yang baik dalam kelembagaan maupun di madrasah-madrasah mitra LPTK,” kata Prof Dr Muhibbin MAg yang diamini oleh Stuart Weston.

“Bentuk kegiatan dilakukan secara sinergi antara UIN Walisongo dan Tanoto Foundation dengan berfokus pada pengembangan bahan ajar dan kurikulum, perkuliahan aktif dan manajemen madrasah, penelitian tindak kelas, pengembangan jurnal ilmiah, pengembangan madrasah praktikum, serta literasi. Kerja sama tahap pertama akan dilaksanakan selama 3 tahun ke depan, dan bisa diperpanjang serta dikembangkan dalam lingkup yang lebih luas” imbuh Stuart.

Konsultan Pengembangan LPTK Tanoto Foundation Prof Dr Muchlas Samani yang hadir saat penandatanganan kerja sama menyampaikan pentingnya kemitraan ini. Mantan Rektor Universitas Negeri Surabaya tersebut menyampaikan bahwa Tanoto Foundation sebagai organisasi filantropi memiliki sumber daya untuk memfasilitasi integrasi antara madrasah khususnya di pendidikan dasar dan LPTK secara komprehensif.

“Madrasah sebagai laboratorium dan pengguna lulusan dari lembaga pencetak calon guru setiap saat mengalami transformasi. Kerjasama ini akan mendorong lebih banyak praktik yang baik dari dosen sebagai contoh bagi mahasiswa. Selain itu, salah satu fokusnya adalah menyiapkan madrasah mitra LPTK untuk terus berinovasi dan bersinergi untuk mencetak calon guru yang kompetitif dan adaptif dengan transformasi tersebut,” jelas mantan Direktur Jenderal Ketenagaan Kementerian Riset dan Teknologi tersebut.

Ajar Budi Kuncoro, Kepala Pengembangan LPTK Tanoto Foundation juga menambahkan, indikator perubahan yang ingin di capai dalam 3  tahun ke depan di antaranya dosen LPTK menjadi contoh dalam pembelajaran aktif untuk mahasiswa, diintegrasikannya bahan pelatihan Pelita Pendidikan dalam kurikulum pendidikan calon guru dan guru, LPTK melaksanakan pendidikan prajabatan yang lebih menekankan pada praktik, dan mahasiswa calon guru mempraktikkan cara mengajar dan belajar yang lebih baik.

Dukung LPTK Kembangkan Madrasah Mitra

Selain berfokus di LPTK, kerja sama ini akan mendampingi madrasah mitra UIN Walisongo. Bentuknya berupa pelatihan dan pendampingan secara berkesinambungan dengan melibatkan dosen dan tim pengembang Tanoto Foundation. Pendekatan yang digunakan dengan menggunakan pendekatan madrasah secara menyeluruh (whole school development).

Pendekatan tersebut akan melibatkan semua unsur madrasah, yaitu guru, kepala madrasah, masyarakat, dan siswa, serta mengembangkan praktik-praktik pendidikan yang baik dalam pembelajaran, manajemen madrasah, partisipasi masyarakat, dan meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Tujuan utama pendampingan ini adalah  menyiapkan madrasah yang berkualitas sebagai tempat praktik mengajar mahasiswa calon guru. Selain itu, madrasah ini akan menjadi laboratorium pertama dalam pengembangan inovasi dan praktik-praktik baik oleh para dosen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *