PSGA LP2M UIN WALISONGO ADAKAN WORKSHOP PPRG

Semarang- Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M UIN Walisongo Semarang adakan Workshop Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Auditorium I Kampus 1 UIN Walisongo, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Walisongo Prof Dr H Muhibbin MAg, Senin (13/8).

Menurut Muhibbin kegiatan semacam ini memang perlu untuk dilakukan supaya PSGA LP2M UIN Walisongo dapat merencanakan anggaran kegiatan dengan baik sehingga bisa efektif dan efisien.

Menurutnya ” Perencanaan Responsif Gender (PRG) adalah Perencanaan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan Gender, yang di lakukan melalui pengintregasian pengalaman aspirasi , kebutuhan potensi dan penyelesaian permasalahan perempuan dan laki-laki.
Sedangkan ARG menurutnya adalah Upaya untuk menjamin agar anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah beserta kebijakan dan program yang mendasarinya dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan setiap warga negara dari kelompok manapun, baik laki-laki maupun perempuan.” Jelas Prof Muhibbin

Prof Muhibbin juga menyampaikan “Dalam melakukan keseluruhan proses perencanaan kebijakan maupun perencanaan program pembangunan agar responsif gender (termasuk perencanaan kegiatan pembangunan), diperlukan piranti analisis gender. Salah satu alat analisis gender adalah “Gender Analysis Pathway” (GAP), atau Alur Kerja Analisis Gender.” Tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X