PERAN PERGURUAN TINGGI DI ERA DISRUPSI UNTUK PENGUATAN NKRI

SEMARANG- Prof Dr H Fathur Rakhman MHum Rektor UNNES Semarang jadi narasumber dalam kegiatan Studium General Smester Gasal tahun akademik 2018/2019 UIN Walisongo semarang di Auditorium II Kampus 3, Jumat (31/8).

Kegiatan Studium General ini di ikuti oleh peserta 2.214 Mahasiswa baru jumlah tersebut setengah dari jumlah mahasiswa yang seharusnya yaitu 4.105 Mahasiswa baru. Pembagian Studium General ini dilakukan dalam rangka menyesuikan lokasi kegiatan.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Prof Dr H Muhibbin MAg Rektor UIN Walisongo, Dr H Musahadi MAg Wakil Rektor I, Prof Dr H Suparman MAg Wakil Rektor III, Kepala Biro AAKK, para dekan dan pejabat dilingkungan UIN Walisongo Semarang.

Prof Fathur mendapatkan tema Pendidikan Tinggi di era Disrupsi untuk Penguatan NKRI.

Menurutnya tantangan perguruan tinggi di era Disrupsi ini meliputi lima hal yang harus di perhatikan (1) 4th Industrial Revolution, (2) Globalization, (3) era milenial, (4) The Economic Growth of a nation dan (5) Global Competitiveness.

Saat ini perilaku pengguna internet di indonesia terbagi menjadi 2 hal yang pertama hasil survey konten komersial yang biasa di kunjungi masyarakat kita saat ini terbagi menjadi tiga golongan. (1) Online Shop 62%, (2) Bisnis Personal 32.4%, (3) lainnya 3.8%. Dan yang kedua adalah rata-rata masyarakat kita lebih dominan bermedsos hasil survey lebih dari 85% masyarakat kita penguna Facebook, Instagram, Youtube, google, twitter dll.

Pergeseran kebutuhan fisik ke komunikasi menjadi sangat lazim di era milenial saat ini terkadang orang rela mengeluarkan uang berapapun demi data internet untuk penuhi kebutuhan bersosmed. Dengan kebutuhan komunikasi yang sangat tinggi di masyarakat tentunya segala bentuk informasi bertebaran dengan bebas, saat inilah perguruan tinggi harus bisa menjadi mitra bijak yang bisa memfilter segala bentuk informasi yang profokatif atau berita hoax. Sebab di era disrupsi perguruan tinggi dibangun bukan dengan kekuatan melainkan kepercayaan dan kecepatan bergerak untuk menggapai visi besar kedepan.

Setiap kalian adalah pemimpin setiap kalian akan dimintai pertanggung jawaban nantinya.

Acara studium general di akhiri dengan foto bersama dengan tamu undangan dan pimpinan dilingkungan UIN Walisongo semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X