INTERNATIONAL OFFICE WALISONGO SIAPKAN PEDOMAN PENGELOLAAN MAHASISWA ASING

SEMARANG- International Office UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan workshop Pengelolaan Mahasiswa Internasional, kegiatan yang bertujuan memberikan Pengetahuan, wawasan dan menyusun buku panduan pengelolaan mahasiswa internasional ini berlangsung di ruang sidang biro lantai 3 gedung rektorat. Workshop yang dibuka secara resmi oleh Wakil rektor III Prof Dr H suparman MAg ini hadirkan dua narasumber yaitu Intan Permata Hapsari, S.Pd., M.Pd. (Kepala International Office UNNES) dan Fahrur Rozi, Ph.D, Staf Ahli Rektor Bidang Kerja Sama LN, Internation Office UNNES Semarang, Senin (29/10).

Globalisasi salah satunya ditandai dengan adanya mobilitas pelajar atau mahasiswa dari satu negara ke negara lain. Situasi ini menuntut Perguruan Tinggi di Indonesia, tak terkecuali UIN Walisongo Semarang, untuk memiliki kesiapan dalam memberikan layanan prima kepada mahasiswa internasional yang menginginkan belajar di Indonesia. Tidak hanya memberikan nilai atau kredit kepada universitas, kehadiran mahasiswa asing juga memberikan ruang kepada UIN Walisongo sebagai perguruan tinggi islam untuk dapat memperkenalkan konsep islam moderat kepada dunia internasional melalui mahasiswa luar negeri yang belajar di UIN Walisongo Semarang.

Selain itu, dengan hadirnya mahasiswa internasional di UIN Walisongo akan memberikan ruang interaksi bagi mahasiswa dalam negeri dengan mahasiswa internasional sehingga akan terjadi dialog, pertukaran gagasan, tradisi dan budaya. Situasi ini akan mendukung proses membangun sensitifitas budaya di kalangan mahasiswa sehingga akan mendukung upaya membangun UIN Walisongo sebagai kampus inklusif, multikultur dan toleran.

Saat ini UIN Walisongo memiliki tantangan bagaimana dapat mengelola mahasiswa internasional secara prima, terintegrasi dan memenuhi standard akademik. Dalam rangka untuk mengembangkan pedoman yang dapat diacu oleh staf dari unit terkait serta pedoman bagi mahasiswa internasional yang berminat untuk belajar di UIN Walisongo maka dirasa perlu untuk mengadakan workshop penyusunan pedoman pengelolaan mahasiswa internasional di UIN Walisongo Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X