S2 ILMU FALAK FSH UIN WALISONGO SEMARANG OPTIMIS DAPATKAN NILAI A

SEMARANG – Sedang berlangsung ASESMEN LAPANGAN BAN-PT Program Studi S2 Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Walisongo Semarang, kegiatan di ruang sidang Fakultas Syariah dan Hukum ini disambut secara resmi oleh Wakil Rektor I Dr H Musahadi MAg turut mendampingi Dekan FSH Dr H M Arif Junaidi dan Kajur S2 Ilmu Falak Dr H M Izzuddin, serta hadirkan dua Asesor BAN-PT Prof Dr Miftah Arifin MAg (IAIN Jember) dan Dr H Supriyadi Ahmad MA (UIN Syarif Hidayatullah JKT) dalam Asesmen kali ini hadir juga Wakil Rektor II Prof Dr H Imam Taufiq MAg, Wakil Rektor III Prof Dr H Suparman MAg, Kepala Biro AAKK, Para Dekan dan Wakil Dekan, Ketua LP2M, Ketua LPM, Kepala Perpustakan UIN Walisongo Semarang, Jumat (2/11).

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 (1) Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012). Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal yang merupakan bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Akreditasi dilakukan dengan tujuan untuk : 1) menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan 2) menjamin mutu program studi dan perguruan tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

Akreditasi harus dilaksanakan secara independen, akurat, obyektif, transparan, akuntabel, ketidak berpihakan, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien (Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 32 Tahun 2016; Peraturan BAN-PT Nomor 2 Tahun 2017). Pasal 45 ayat (2) Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016 menyebutkan bahwa tahapan akreditasi terdiri atas : 1.evaluasi data dan informasi; 2. Penetapan status akreditasi dan peringkat terakreditasi; dan 3. Pemantauan dan evaluasi status akreditasi dan peringkat terakreditasi

Menurut Musahadi Asesmen S2 Ilmu Falak ini menjadi momentum baik untuk meningkatkan performen prodi S2 Ilmu Falak yang menjadi prodi unggulan UIN Walisongo Semarang, Proses secara sistematika dan penilaian secara komprehensip akan dilakukan oleh para asesor maka kelengkapan berkas borang sangat menjadi penentu penilaian.

“ Kelengkapan borang sudah di persiapkan dengan baik sudah sesuai ketentuan dari BAN-PT, semoga nilai optimal dapat diraih pada Asesmen Prodi S2 Ilmu Falak hari ini, harapannya dapat nilai A” Lanjut Musahadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X