Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana; Mahasiswa Harus Mengedepankan Ilmu Pengetahuan Berbasis Riset

SEMARANG- Pascasarjana UIN Walisongo Semarang adakan Orientasi Mahasiswa Baru Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Kegaiatan yang berlangsung di ruang sidang Pascasarjana ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Walisongo Prof Dr H Muhibbin MAg, Senin (25/2).

Menurut Direktur Pascasarjana Prof Rofiq menyampaikan bahwa mahasiswa Program Magister (S2) sejumlah 71 orang dan Mahasiswa Program Doktor (S3) sejumlah 5 orang.

” Saya berharap semua mahasiswa bisa disiplin waktu kuliah sehingga dapat selesai tepat waktu ” Tutur Prof Rofiq.

Dalam orientasi ini disampaikan beberapa materi diantaranya kebijakan-kebijakan UIN Walisongo secara umum.

” Semangat kuliah harus jadi modal utama bagi mahasiswa suapaya ilmu yang didapatkan nantinya bisa bermanfaat di masyarakat secara luas” tegas Prof Rofiq.

Prof Muhibbin menyampaikan dalam sambutannya bahwa Mahasiswa pascasarjana UIN Walisongo harus punya pengalaman akademik yang luas tidak hanya didapat dalam Negeri saja akan tetapi harus juga menggapai pengalaman baru sampai keluar Negeri.

” UIN Walisongo sudah banyak melakukan perjanjian kerjasama pendidikan dengan perguruan tinggi luar Negeri sehingga dengan adanya kerjasama ini Saya berharap Mahasiswa dapat memanfaatkan peluang ini supaya digunakan sebagai lahan mencari bahan tulisan tesis atau disertasi yang baik ” Ungkap Prof Muhibbin.

” Saat ini kita hidup dimasa IT, perkembangan dunia yang semakin canggih ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Mahasiswa UIN Walisongo, Jangan sampai perkembangan IT ini membuat mahasiswa semakin malas dan makin marak melakukan plagiasi dalam penulisan karya ilmiah. Maka tulislah hasil riset sesuai dengan karya sendiri sebab sebagai akademisi harus punya jiwa kesatria dan jujur” Tegas Prof Muhibbin.

” Saya berharap Mahasiswa sekarang harus semakin canggih dan cerdas untuk melakukan kajian riset sehingga hasil karya ilmiahnya bisa diakui kredibilatasnya supaya membawa berkah untuk kehidupan dunia sehingga akhirat ” harap Prof muhibbin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X