Hanif Dhakiri; Mahasiswa UIN Walisongo Harus Siap Jadi Pemimpin Masa Depan

SEMARANG; Dalam rangka peringati Dies Natalis UIN Walisongo Semarang Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas (DEMA U) mengadakan seminar Leadership Motivation dengan tema, “ Sukses itu Mudah”. Bertempat di Auditorium 2 kampus tiga UIN Walisongo Rabu, (20/03). Sebagai pemateri, DEMA U menghadirkan motivator dari Cahaya Sekolah Kehidupan (CSK) Yanuar Prihatin dan jajaran artis Tommy Kurniawan, Said Bajuri, Jerico, dan Ifan Govinda. Turut hadir Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Sondhy Purwoko, SE, MM selaku perwakilan sambutan Gubernur Jawa Tengah. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si dalam rangkaian acara dies Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo ke 49 tersebut.

Seminar dimulai pukul 09.45 WIB, diawali dengan laporan penyelenggara oleh Wakil DEMA U, Eva Gusti Agung Pratama. Dalam sambutan, Agung mengatakan, “Harapannya, seminar Leadership Motivation dapat membangun kader-kader leadership yang memiliki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tinggi sehingga dapat ikut serta membangun bangsa Indonesia yang lebih baik dan maju”.

Wakil Rektor tiga, Prof. DR. Suparman Syukur, M.Ag yang sekaligus membuka acara seminar, dalam sambutannya menyatakan, “Mahasiswa harus punya mindset yang tinggi, tidak hanya berpikir kuliah teori di kelas, namun perlu pula aktif dalam kegiatan dan acara-acara luar yang bermanfaat sehingga menunjang prestasi maupun pengalaman yang lebih luas. Ingat, keberhasilan tidak bisa dicapai kecuali dari mimpi”.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Sondhy Purwoko, SE, MM Jawa Tengah menyampaikan pesan selaku perwakilan sambutan Gubernur Jawa Tengah yang berhalangan hadir. “Waw judulnya keren, semoga hasilnya juga keren! Jadikan setiap pengalaman adalah pelajaran, satu hal yang perlu digaris bawahi adalah jiwa wirausaha itu bukan bakat tapi, ilmu yang bisa dipelajari, yang penting tekun, terus berkreasi, berinovasi dengan maksimal, maka hasilnya pasti juga maksimal”.

Tepat pukul 10.00 WIB, pemateri pertama Yanuar Prihatin motivator CSK memulai seminar dengan penanyangan dan cerita orang biasa yang berproses dan akhirnya sukses. Tim artis Tommy Kurniawan, Said Bajuri, Jerico, dan Ifan Govinda, melanjutkan dengan bercerita kisah sukses masing-masing dihadapan lebih dari 1.500 peserta seminar. Pada akhir acara pukul 12.30 WIB, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si, yang juga alumni IAIN Walisongo, hadir dan turut memberikan kisah motivasi perjalanan hidupnya.

Hanif menyampaikan, “Yang penting itu ilmunya, jangan pikirkan mau kerja apa nantinya. Latahzan! Dunia terus berubah, berkembang, semakin maju. Kita harus mampu menjadi pribadi yang responship agar terus dapat bertahan dan berkembang maju sehingga kalian bisa jadi pemimpin masa depan. Percayalah pada dua hal, “Kerja Keras dan Kebaikan” karena hal apapun jika dilakukan dengan kerja keras dan terus berbuat kebaikan secara terus menerus dan istiqomah maka akan melahirkan keberkahan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *