Ziarah Walisongo Dalam Rangka Peringati Dies Natalis Ke-49 UIN Walisongo Semarang

SEMARANG- Dalam rangka peringati Dies Natalis UIN Walisongo Semarang ke-49, Pimpinan UIN Walisongo bersama Dosen dan Pegawai melakukan perjalanan ziarah walisongo, (21-23/3) ziarah walisongo terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama yang dipimpin secara langsung oleh Wakil Rektor II Prof Dr H Imam Taufiq MAg  melakukan perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur perjalanan dimulai dari makam Sunan Kalijaga. Makam Sunan Kalijaga terletak di tengah kompleks pemakaman Desa Ngadilangu yang dilingkari dinding dengan pintu gerbang makam. Area makam Sunan Kalijaga di dalam Kota Demak berjarak sekitar 3 KM dari Masjid Agung Demak.

Kedua Sunan Kudus. Ja‘far Shadiq atau Sunan Kudus dimakamkan di Masjid Menara Kudus yang terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Di samping puluhan makam di kawasan itu terdapat pula makam putra Sunan Kudus yaitu Pangeran Palembang. Makam Sunan Kudus sendiri terdapat di tengah-tengah bangunan induk berbentuk joglo.

Ketiga Sunan Muria. Makam Sunan Muria di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Ziarah ke makam Sunan Muria yang berjarak sekitar 30 kilometer arah utara dari KMMK (Kompleks Masjid Menara Kudus).

Keempat Sunan Bonang. Sunan Bonang dimakamkan di komplek pemakaman Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban di kota Tuban. Posisinya di sebelah barat alun-alun kota Tuban, di sebelah barat Masjid Agung Tuban. Makam Sunan Bonang dikelilingi tembok dengan empat buah pintu gerbang untuk masuk ke komplek makam.

Kelima Sunan Drajat. Makam Sunan Drajat berada di daerah Drajat Lamongan yang dapat ditempuh dari surabaya maupun Tuban lewat Jalan Dandeles (Anyer – Panarukan).  Namun bila lewat Kota Lamongan dapat ditempuh 30 menit dengan kendaran pribadi.

Keenam Sunan Maulana Malik Ibrahim.Makam ini terletak di kampung Gapura di dalam kota Gresik di Jawa Timur, tidak jauh dari pusat kota.

Ketujuh Sunan Giri. Tokoh Walisongo yang bergelar Prabu Satmata ini makamnya terletak di sebuah bukit di Dusun Kedhaton, Desa Giri Gajah Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Kompleks makam ini berupa dataran bertingkat tiga dengan bagian belakang paling tinggi.

Kedelapan Makam Mbah Kholil Bangkalan. Makam Mbah kholil terletak di Jalan Mertajasah, Tajasah, Mertajasah, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Kesembilan Sunan Ampel. Makam Sunan Ampel terletak di kampung Ampel di kota Surabaya. Di depan makam ada dua pintu gerbang besar bergaya Eropa. Makamnya terpisah dengan dari makam lainnya dan diberi pagar teralis dari besi setinggi 110 cm.

Kesepuluh makam KH Wahab Chasbullah di Tambakberas Jombang

Kesebelas Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang wafat pada pada akhir 2009, dan makam para pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Tebuireng Jombang, menjadi salah satu makam terpenting yang dikunjungi dalam rangkaian perjalanan ziarah Walisongo.

kelompok kedua melakukan perjalanan ke Jawa barat yaitu kemakam Sunan Gunung Jati. Inilah satu-satunya makam wali di Jawa Barat yang paling ramai dikunjungi. Kawasan makam Sunan Gunung Jati terletak di desa Astana, kecamatan Cirebon Utara, sekitar 6 km dari Kota Cirebon yang dilintasi jalur Cirebon-Indramayu.

kini destinasi wisata ziarah juga menjadi objek wisata sejarah dan budaya, dan memiliki potensi besar bagi industri pariwisata nasional. Makam-makam Wali Songo tidak hanya didatangi oleh para peziarah dari dalam negeri, tetapi juga mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X