LP2M  dan Prodi S2 Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang Gelar Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1440 H

SEMARANG- Lembaga LP2M (Lembaga Penenlitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UIN Walisongo Semarang bersama dengan Prodi S2 Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang laksanakan kegiatan Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1440 H, kegiatan ini berlangsung di Auditorium I lantai 2 kampus 1 UIN Walisongo Semarang, Rabu (10/4).

Dalam kegiatan ini hadirkan dua narasumber hebat yaitu Drs K H Slamet Hambali MSI (Badan Hisab Rukyat Kemenag RI) dan Dr KH Ahmad Izzuddin MAg (Kaprodi S2 Ilmu Falak fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang).

Kegiatan yang hadirkan dua narasumber kompeten dibidangnya ini dimaksudkan untuk persiapan menghadapi bulan Ramadhan yang sudah tinggal menghitung hari kedatangannya, serta bertujuan menyepakati penentuan awal Ramadhan dan jadwal Imsakiyah Ramadhan 1440 H.

Pada acara tersebut dihadiri oleh beberapa kalangan, baik kalangan akademisi UIN Walisongo yaitu para mahasiswa S1, S2, maupun S3 yang mayoritas didominasi oleh mahasiswa jurusan Ilmu Falak, ada juga dari beberapa instansi dan kelembagaan yang hadir, diantaranya perwakilan dari pemerintah yaitu dari Kantor Wilayah Kemetrian Agama Jawa Tengah, Pengadilan Agama, Majelis Ulama Indonesia Jawa tengah. Ada juga dari organisasi masyarakat yaitu Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Semarang dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Semarang.  Lembaga yang juga menekuni kajian hisab rukyat seperti BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) di lingkup kota Semarang, dan juga dihadiri beberapa media baik media cetak maupun media elektronik, dan lembaga yang lain-lain.

“Kegiatan lokakarya untuk tahun ini menggandeng Prodi S2 Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum, dan memunculkan ahli-ahli ilmu falak dari mahasiswa untuk memberikan kajiannya terkait jadwal Imsyakiyah Ramadhan 1440 H”, ujar Dr. H. Sholihan, M. Ag, ketua LPPM UIN Walisongo saat buka acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X