Sambut Ramadhan UIN Walisongo Semarang Lakukan Kalibrasi Jam Masjid

SEMARANG – Mahasiswa Prodi Ilmu Falak UIN Walisongo Semarang lakukan kalibrasi jam Masjid-Masjid di Kota Semarang, Sabtu (27/04). Kegiatan ini diinisiasi oleh Kaprodi S2 Ilmu Falak, Dr H Ahmad Izzuddin MAg dengan nama Gerakan Kalibrasi Jam Masjid Se-Kota Semarang dalam rangka menyambut datangnya Ramadan 1440 H.
“Kalibrasi jam sangatlah diperlukan. Jadwal imsakiyah yang ditempel di masjid-masjid atau di musola-musola akan berfungsi sesuai dengan jam yang ada di Masjid-masjid atau musola-musola itu. Selisih satu menit saja akan sangat fatal akibatnya bagi keabsahan ibadah puasa kita, jika kita berbuka sebelum masuk waktunya.” Jelas Izzuddin.
Gerakan kalibrasi jam masjid se-kota semarang ini merupakan follow up dari kegiatan lokakarya imsakiyah yang diadakan di Auditorium 1 Kampus 1 UIN Walisongo, 10 April 2019 lalu. Pada kegiatan kalibrasi jam masjid ini, mahasiswa ilmu falak dibagi menjadi 9 kelompok dengan 2 mahasiswa S2 sebagai koordinator tiap kelompok. Kegiatan ini dimulai dengan kalibrasi di Masjid Jami’ Darusy Syukur kecamatan Ngaliyan.
Ada 5 jam manual di Masjid Darusy Syukur yang dilakukan kalibrasi. 2 jam di lantai 1 dan 3 jam di lantai 2. Setelah melakukan kalibrasi jam di Masjid Darusy Syukur, mahasiswa dibagi kelompok dan menyebar ke masjid-masjid serta musholla-musholla. Ada 9 kelompok dengan jumlah masjid dan musholla yang dikalibrasi sebanyak 24. Di antaranya Masjid Kampus 1, 2, dan 3 UIN Walisongo, Masjid al-Muhtarom, Masjid Jami’ as-Shalihin Bringin, Masjid Baiturrahim, Masjid Nurul Islam Purwoyoso, Masjid Baitul Mustaghfirin Bringin, Masjid al-Ikhlas BPI, Masjid Nurul Iman Tambakaji, Musholla al-Ikhlas Nusa Indah, Masjid al-Barokah Bringin, Musholla at-Taubah dan al-Fattah Wonosari, Ngaliyan, dsb.
Kalibrasi jam masjid dan musholla ini menggunakan jam standar internasional yang digunakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan mengakses di situsnya yaitu http://time.bmkg.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X