Jalur UM-PTKIN, 12 Ribu Siswa Pilih Kampus UIN Walisongo

SEMARANG- Penerimaan seleksi calon mahasiswa baru (Maba) 2019-2020 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menyediakan kursi kurang lebih 4600 mahasiswa. Terdapat enam jalur pendaftaran untuk masuk di 37 progam studi di delapan fakultas yang disediakan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Walisongo Dr Musahadi mengatakan, enam jalur pendaftaran tersebut diantaranya. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

Selanjutnya jalur yang disediakan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN).

“Untuk hari ini para siswa mengikuti jalur UM PTKIN atau jalur terakhir secara nasional,” kata Musahadi di kantornya, Selasa, (28/5).

Untuk UM PTKIN yang dibertampat di UIN Walisongo, Selasa,  pendaftar berjumlah kurang lebih 2.407 siswa dengan kategori IPA : 92 siswa, IPS: 1833 siawa, IPC: 282 siswa, dan SSE (Sistem Seleksi Elektronik): 200 siswa.

“Adapun siswa yang hadir mengikuti ujian hari ini sebanyak 2043 siswa dengan kapasitas 119 ruangan dan setiap ruangan terdiri dari 20 siswa,” jelasnya.

Sementara prodi-prodi yang diminati tahun ini adalah prodi Pendidikan Agama Islam. “Tahun sebelumnya prodi Ekonomi Islam minatnya paling bayak. Selain itu prodi Manajemen Perbankan Syariah tahun ini juga banyak diminati meskipun merupakan prodi baru di UIN,” ujarnya.

Musahadi menambahkan, selain jalur secara nasional, UIN sendiri juga menyediakan dua jalur yakni jalur prestasi dan jalur mandiri.

“Untuk jalur prestasi sudah dilaksanakan, sedangkan jalur mandiri atau yang kita sebut UJM akan kita laksanakan pada bulan Juli nanti,” tambahnya.

Sehingga, bagi siswa yang kebetulan kurang beruntung masuk melalui jalur nasional bisa masuk dengan menggunakan jalur mandiri. “Kurang lebih 10-20 persen kita siapkan untuk jalur mandiri nanti,” jelasnya.

Humas UIN Walisongo Astri Amanati menambahkan, dalam penyelenggaraan UM PTKIN secara nasional, siswa yang minat atau memilih kuliah di Kampus UIN Walisongo kurang lebih 12 ribu siswa.Hal ini dilihat dari jumlah pendaftar mulai pilihan pertama sebanyak 3.995 siswa, pilihan kedua sebanyak 4.361 siswa dan pilihan ketiga sebanyak 3.908 siswa.

“Banyaknya peminat ini dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya sebanyak 22 prodi sudah terakreditasi A dan 2020 kampus UIN akan memiliki gedung baru baik gedung perkuliahan dan gedung perpustakaan yang cukup bagus,” jelasnya. M13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X