Dosen dan Tendik FEBI UIN Walisongo Ikuti Pelatihan Academic Writing di Kampung Inggris Pare Kediri

Para Dosen dan Tendik FEBI UIN Walisongo Semarang sedang belajar bahasa di camp Pare Kediri

UIN Walisongo Online; Kediri- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang mengadakan pelatihan bahasa asing bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) di Language Center (LC) Kampung Inggris Pare Kediri. Program berlangsung selama 1 minggu, dengan focus program pada academic writing skill.

Dekan FEBI, Dr. H. Imam Yahya, M.Ag. berharap dengan program ini dapat memberikan bekal dan modal bagi dosen dan tendik dalam rangka peningkatan kemampuan bahasa asing berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan Unity of Sciences sebagai paradigma Visi baru di UIN Walisongo Semarang.

Peserta kegiatan ini sebanyak 21 dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dan dibagi pelaksanaan dengan 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 13 sampai dengan 19 Agustus 2019.

Adapun target dari kegiatan pelatihan ini adalah: 1). Tercapainya pembelajaran bahasa asing sehingga peserta mampu memahami academic writing skill, speech skill dan presentation skill dibuktikan dengan sertifikat keahlian; 2). Peserta memiliki kemampuan mengaplikasikan pemahaman tersebut ke dalam lingkungan tempat kerja di FEBI. Sedangkan materi terprogram dan intensif yang diberikan di LC meliputi: 1). Academic Writing Skill; 2). Speech Skill; dan 3). Presentation Skill.

Salah satu peserta yang mengikuti pelatihan gelombang pertama Hasyim Syarbani Di Pare Champ beliau mengatakan bahwa: program seperti ini sangat berkesan dan betul-betul meningkatkan kemampuan bahasa. Karena dari bangun tidur sampai dengan malam hari kesehariannya terus berlatih dan berlatih bahasa Inggris. Johan Arifin, sebagai ketua panitia menyampaikan bahwa tahun ini dan tahun-tahun mendatang, kegiatan seperti ini, selaras dengan pencapaian Visi FEBI menuju Go Asean. Sehingga dosen dan tenaga kependidikan diharapkan sudah mulai persiapan untuk meraih visi tersebut.

Karena saat ini sudah ada mahasiswa internasional yang kuliah di FEBI dari Somalia. Selanjutnya johan berharap agar pasca kegiatan tersebut dapat mendukung terlaksananya hari bahasa setiap senin dan kamis di lingkungan UIN Walisongo yang dicanangkan oleh Rektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X