Racana Walisongo Sukses Selenggarkan Diklat Water Rescue Nasional ke XIV

Momen diskusi peserta Water Rescue (Pandawa) Nasional ke XIV bersama pembina

UIN Walisongo Online; Semarang- Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sukses menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Water Rescue (Pandawa) Nasional ke XIV. Kegiatan ini bertempat di Kampus II UIN, Kolam Renang Kodam dan Pantai Marina, sabtu – selasa, (24-27/8).
Pembina Racana Walisongo, Ruswan menyampaikan ditengah kondisi geografis Indonesia yang mayoritas perairan, pelatihan ini sangat tepat diadakan. Karena potensi bencana di perairan Indonesia dinilai sangat tinggi sehingga dibutuhkan banyak relawan.
“Karena wilayah Indonesia ini banyak perairan, potensi bencana juga besar jadi belajar water rescue ini sangat tepat, ” sampainya dalam sambutan penutupan Pandawa Nasional.
Ruswan yang juga sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, mengucapkan terimakasih untuk delegasi peserta dari seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi. Ruswan juga mengatakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini harapanya mampu mencetak relawan yang siap sedia untuk masyarakat.
“Terima kasih untuk terselenggaranya Kegiatan ini dan selamat untuk para peserta, semoga relewan-relawan bisa terbentuk di sini,” harapnya.
Ketua Panitia kegiatan Rahmat Hidayatullah mengatakan kegiatan Diklat Water Rescue ini ditargetkan untuk membentuk calon-calon relawan. Selain itu konsep water rescue sesuai dengan kondisi sekitar yang sering terjadi bencana di perairan.
“Pandawa ini memang kami inginkan untuk membentuk relawan yang peka dan peduli dengan lingkungan sekitar, ucapnya.
Salah satu peserta Pandawa , Muhammad Budiman mengaku sangat bangga bisa berpartisipasi di kegiatan ini. Budi sangat menikmati setiap materi dan pelatihan yang diberikan, menurutnya banyak hal yang dia dapatkan di sini.
“Bangga bisa ikut Pandawa ini , bertemu kakak-kakak pramuka se Indonesia, materinya bagus dan banyak ilmu juga di sini, ujarnya.
Peserta yang mewakili IAIN Pontianak ini juga berharap bisa menerapkan ilmu yang didapatkan di pelatihan ini. Karena menuruntnya ini adalah kesempatan yang bagus untuk belajar menjadi relawan.
“Ingin sekali nanti bisa terapkan ilmu ini, bisa berkesempatan juga belajar jadi relawan, harapanya.
Sekedar informasi Pendidikan dan Pelatihan Water Rescue (Pandawa) Nasional ke XIV bekerja sama dengan berbagi Instansi diantara BASARNAS Kota Semarang, BPBD Jawa Tengah dan Dinas Sosial Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X