45 Dosen FEBI UIN Walisongo Ikuti Workshop Active Learning

UIN Walisongo Online; Semarang- Dalam rangka mewujudkan cita-cita kampus UIN Walisongo menuju World Class University, maka perlu untuk disiapkan berbagai hal, salah satunya adalah kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh para dosen kepada para mahasiswa. Berangkat dari hal tersebut hari selasa kemarin tanggal 27 Agustus 2019 sekitar 45 dosen Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam mengadakan acara Workshop Active Learning dengan tema “ Pengembangan Pembelajaran Berbasis IT ( daring )” . Bertempat di Hotel UTC ruang Semar lantai 1 kota Semarang. Acara workshop tersebut berlangsung hampir sehari penuh mulai dari pukul : 07.30 s/d 16.30 WIB,dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr. Hisyam Zaini, MA. yang merupakan Dosen dari Fakultas Adab Dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus seorang trainer bidang pembelajaran yang telah mengisi pelatihan hampir diseluruh kota besar di Indonesia.
Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr.H.Imam Yahya,M.Ag mengatakan bahwa acara workshop Active Laearning ini sengaja dilaksanakan di Hotel UTC dengan tujuan agar para dosen bisa lebih fokus dan maksimal dalam mengikuti acara ini sehingga workshop Active Learning ini dapat memberikan hasil atau output yang diinginkan , mahasiswa bisa lebih aktif,mudah mencerna dan menerima materi yang disampaikan oleh para dosen serta lebih termotivasi untuk terus belajar guna mendapatkan hasil yang di harapkan.
Acara workshop ini dipandu oleh moderator saudara Arif Afendi,S.E, MSc yang juga merupakan dosen muda Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam. Sebelum menyampaikan materi Dr.Hisyam Zaini selaku narasumber terlebih dahulu menjelaskan bahwa Active Learning Strategies atau strategi pembelajaran aktif adalah suatu strategi pembelajaran yang mengajak pebelajar untuk belajar secara aktif . Dalam strategi pembelajaran aktif ini pebelajarlah yang mendominasi proses pembelajaran,pebelajar akan aktif menggunakan otaknya baik dalam mengemukakan gagasan maupun ide. Narasumber juga mengatakan bahwa dosen harus menggunakan strategi pembelajaran yang aktif ( active learning ) karena jika hanya menggunakan metode ceramah saja dalam penyampaian materi akan banyak sisi kelemahannya antara lain : proses pembelajaran akan membosankan dan menjenuhkan,komunikasi hanya satu arah,daya serap mahasiswa terhadap materi rendah selain itu proses pembelajaran tidak akan menarik tanpa dukungan IT karena kebanyakan mahasiswa lebih suka dengan model pembelajaran yang menampilkan visualisasi.
Dalam menyampaikan materi narasumber lebih banyak menggunakan simulasi simulasi langsung dengan membagi audien menjadi beberapa kelompok baik kelompok kecil maupun besar. Peserta Workshop terlihat sangat antusias mengikuti acara ini terbukti meski sering melakukan simulasi langsung tak ada yang merasa lelah dan kecapekan karena dalam penyampaian simulasi dan materi narasumber sering mengeluarkan joke joke ringan yang bisa membikin ketawa para peserta workshop. Beberapa model pembelajaran active learning yang disimulasikan oleh narasumber adalah True or False, Metaplano Session, Reading Guide, Acara workshop diakhiri dengan ucapan terimakasih dari Wakil Dekan 1 FEBI Dr. Ali murtadho kepada Narasumber dan kepada para peserta workshop yang telah mengikuti acara workshop active learning dan berharap hasil dari workshop ini segera di implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar pada awal September nanti. Selain itu di sesi akhir acara Panitia membagikan sertifikat bagi para peserta workshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X