Bentuk Teamwork Solid UIN Walisongo Semarang adakan Capacity Building Pimpinan

Suasana ruang kegiatan capacity building di hotel surya yudha purwokerto.

UIN Walisongo Online; Purwokerto- Setelah melakukan pelantikan pejabat baru dilingkungan UIN Walisongo Semarang beberapa bulan lalu, sebagai langkah awal rektor baru UIN Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag agendakan kegiatan Capacity Building Pimpinan selama empat hari yaitu hari jumat-senin tanggal 13-16 September 2019 dihotel Surya Yudha Purwokerto, kegiatan ini diharapkan bisa membentuk teamework yang baik supaya menciptakan ritme kerja yang dinamis dan efisien. Jum’at (13/9).

Dalam dunia kerja dan usaha, tidak dikenal istilah single fighter. Semua merupakan hasil kerja tim. Semua anggota saling membantu dan mendukung demi tercapainya tujuan yang dicanangkan.
“Untuk menjadi teamwork yang baik Kita perlu menyamakan persepsi sehingga bisa sinergi dalam fikiran dan tindakan supaya tujuan tercapai dengan baik” tutur Dr Abdul Kholiq selaku ketua pelaksana saat beri sambutan.

“Jabatan diperoleh harus diimbangi dengan tanggung jawab yang besar, bukan semata berbagi fasilitas dan Jabatan akan tetapi berbagi tanggung jawab, karena pimpinan harus bisa meringankan beban bukan sebaliknya malah menjadi beban” terang Dr Abdul Kholiq

Dalam setiap organisasi pemerintahan, tugas pokok dan fungsi merupakan bagian tidak terpisahkan dari keberadaan organisasi tersebut. Penetapan tugas pokok dan fungsi atas suatu unit organisasi menjadi landasan hukum unit organisasi tersebut dalam beraktifitas sekaligus sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan tugas dan koordinasi pada tataran aplikasi di lapangan.
“Semakin banyaknya jenis pekerjaan baru yang menjadi tugas pokok dan fungsi para pimpinan baru UIN Walisongo Semarang menuntut kita untuk memiliki kemampuan berdasarkan standar kompetensi jabatan, supaya bisa melaksanakan tugas-tugas dengan baik.” Ungkap Prof. Dr. H. Imam Taufiq, MAg saat membuka acara capacity building tersebut.

“Saya yakin anda sekalian mempunyai kompetensi dibidang masing-masing, namun tanggung jawab baru ini harus terus diasah dan dipadukan dengan tim supaya mencapai tujuan dengan efisien dan baik,” tuturnya.

Organisasi merupakan sebuah wadah yang menampung aspirasi dan inspirasi dari orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka akan berkontribusi dalam organisasi tersebut. Di dalamnya terdapat pembagian-pembagian yang mana mempunyai tugasnya masing-masing dan seorang pemimpin yang memimpin oragnisasi tersebut beserta isinya untuk menaapai tujuan bersama dengan ideologi yang sama pula.
“Misalnya di analogikan laju kita ini seperti kapal besar yang sedang berlayar. Pasti akan diterjang ombak, angin bahkan badai sekalipun, hal ini bisa diatasi jika soliditas tim bekerja dengan baik. Kapal itu bisa berlayar dengan aman karena ada seorang nahkoda yang membawanya.” Terang Prof Imam Taufiq

“Soliditas pekerjaan dan Perbaikan kompetensi pegawai juga diperlukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita terhadap Universitas.” Lanjutnya

Beliau menambahkan bahwasanya acara ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai soft competency yang harus dimiliki oleh para pimpinan.
“Pentingnya integritas dan profesionalitas dalam bekerja serta niatkan di UIN walisongo untuk berkhidmah karna dengan demikian anda bisa bekerja dengan ikhlas” imbuhnya

Acara dilanjutkan dengan diskusi bersama tentang grand issue pengembangan UIN walisongo Semarang kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *