Wakil Dekan III FEBI UIN Walisongo Semarang Buka Pelatihan Ilmu Kepenulisan dan Public Speaking Mahasiswa Baru 2019

Suasana ruang pelatihan pembuatan makalah dan public speaking di auditorium 1 kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

UIN Walisongo Online; Semarang – Bertempat di Auditorium I Kampus I UIN Walisongo Semarang, Wakil Dekan III FEBI Saekhu membuka acara Pelatihan Ilmu Penulisan dan Public Speaking untuk mahasiswa baru (maba) FEBI 2019 yang diselenggarakan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam FEBI. Jumat, (13/9/2019).
Dalam sambutannya, Saekhu mengharapkan agar maba mampu membuat karya tulis ilmiah yang bebas dari plagiarisme dan berani unjuk suara di depan umum.
Pelatihan yang diikuti sekitar 230 maba tersebut mengundang pembicara Hasna Aulia, Pimpinan Umum (PU) LPM Invest dengan materi teknik penulisan makalah. Adapun materi Public Speaking disampaikan oleh Arif Faozan, demisioner DEMA FEBI 2015.
Sochi Kholilul Luthfi, DEMA FEBI 2019 menuturkan bahwa tujuan pelatihan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada maba FEBI tentang kepenulisan makalah yang baik dan benar. Selain itu, untuk melatih soft skill public speaking maba. Nantinya, maba diharapkan dapat lebih percaya diri ketika berbicara di depan umum.
“Tujuannya mahasiswa FEBI tahu bagaimana cara penulisan makalah yang lebih baik dan tidak ada unsur plagiarisme. Kemudian mampu berbicara di forum yang lebih besar lagi,” ujarnya.
Sela, salah satu peserta mengaku banyak ilmu yang diperolehnya dari acara tersebut. Ia berharap dapat benar-benar mengimplementasikan ilmu tersebut di perkuliahan.
“Banyak manfaatnya Selain lebih paham dengan kepenulisan makalah, kita juga bisa lebih Percaya diri ketika berbicara di depan orang banyak. Dan saya juga berharap bisa mengamalkan materi tadi,” ucap Sela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *