FEBI UIN Walisongo Semarang Gelar Olimpiade Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah

UIN Walisongo Online: Semarang – Dalam rangka penyelenggaraan acara seminar tahunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan Festival Ekonomi Islam. Salah satu rangkaian kegiatan Festival ini yang diselenggarakan guna mengembangkan potensi keilmuan yang dimiliki mahasiswa diantaranya adalah olimpiade nasional. Olimpiade ini terdiri dari 3 jenis lomba yaitu olimpiade ekonomi islam, akuntansi syariah dan perbankan syariah.
Dengan mengambil tema “Filantropi Islam (Zakat Dan Wakaf) Menuju Sustainable Ekonomy Development di Era Revolusi industri 4.0” kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, (24/09) di kampus 1 UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 90 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dalam kompetisi ini antara lain Universitas indonesia, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, STIE BPD Jateng, UIN Walisongo Semarang, STIE Semarang, Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, UNISNU Jepara, UIN Malang, IAIN Pekalongan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah Semarang.
Dengan dihadiri banyaknya peserta olimpiade, supporter, mahasiswa, juri olimpiade, dosen dan seluruh tamu undangan kegiatan ini dibuka secara meriah oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Drs H Saekhu MH. Ia menyampaikan tujuan dari kegiatan olimpiade adalah untuk menumbuh kembangkan pengetahuan tentang ilmu ekonomi islam dan mengasah kemampuan berfikir dalam waktu yang dibatasi.
“Kalah menang dalam perlombaan adalah hal biasa, pemenang sejati adalah yang bermain fairplay sehingga kedepannya dapat memunculkan kader-kader berprestasi dikalangan mahasiswa. Karena tidak lain tujuan utama dari kompetisi ini adalah memberikan ruang sekaligus semangat untuk bersaing dalam bidang prestasi akademik serta mengasah potensi keilmuan mahasiswa dalam bidang Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah,” ujarnya saat memberi sambutan.
Ia juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah mempersiapkan seluruh rangkaian acara dari awal sampai akhir.
“Tanpa dukungan semua pihak mustahil acara ini dapat terselenggara.” Tegasnya.
Selesai Opening Ceremony Olimpiade, acara kemudian berlanjut dengan berjalannya olimpiade yang dilakukan secara bertahap dan di tempat terpisah. Olimpiade Perbankan Syariah dilaksanakan di Aula 1 lantai 2 kampus 1 UIN Walisongo semarang dengan Juri Abu Wafa Imanullah SE MM dan Dr Nur Fatoni, MAg.
Olimpiade Ekonomi islam dengan Juri Muh Rudi Nugroho SE MM dan Dr Muhlis MSi serta Olimpiade Akuntansi Syariah di Ruang Promosi Pascasarjana Kampus 1 UIN Walisongo Semarang dengan juri Iwan Budiono SE MSi AK CA dan Dessy Noor Farida SE Msi AK CA.
Acara dimulai dari jam 09.00 WIB sampai selesai. mengingat pengumuman pemenang akan di umumkan dihari berikutnya pada akhir rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Islam tanggal 25 September 2019 maka panitia menyediakan penginapan di Wisma UIN walisongo semarang bagi peserta olimpiade dari berbagai kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *