The 1st International Scientific, Educational and Technological Confrence 2019 and The Dean’s Forum of FST PTKIN Indonesia

UIN Walisongo Online; Semarang- International Scientific, Educational and Technological Confrence and The Dean’s Forum Faculty of Sains and Technology pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang disebut PTKIN Indonesia adalah salah satu acara besar tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi. Tahun ini Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang menjadi tuan rumah acara tersebut yang akan diselenggrakan pada tangga 4-6 Oktober 2019 di Hotel Grasia Semarang. Forum Dekan FST terselenggara melalui kerjasama antara FST UIN Walisongo Semarang, Forum Dekan PTKIN Kementerian Agama Republik Indonesia dan Pemerintah Kota Semarang.
Kegiatan forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi merupakan kegiatan yang mempertemukan Para pimpinan di Fakultas Sains dan Teknologi dan Kepala Program Studi dan Sekretaris Program Studi di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), sedangkan kegiatan seminar internasional di bidang sains dan teknologi merupakan kegiatan pertemuan ilmiah para peneliti, Dosen dan Mahasiswa di bidang sains dan teknologi. Kegiatan Seminar internasional digelar dengan menghadirkan para pakar di bidang sains dan teknologi baik dalam maupun luar negeri. Pada akhir acara di hari minggu akan ada acara Semarang City Tour.
Serangkain kegiatan akan diawali pada hari Jum’at tanggal 4 Oktober 2019 di Hotel Grasia dengan acara Forum Dekan PTKIN yang diawali dengan Kuliah Umum mengenai tema “Revitalisasi Laboratorium, Kolaborasi Penelitian dan Pengabdian, serta integrasi Sains dan Islam”, materi tersebut akan disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kementerian Agama, Dr. Suwendi, M.Ag. kegiatan kuliah umum tersebut akan dimoderatori oleh Sekertaris Kopertasi Jawa Tengah, Dr. H. Ruswan, M.A. Kegiatan pada tanggal 4 oktober dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai “Sosialisasi dan Pembahasan Instrumen Akreditasi 9 Standar” yang disampaikan oleh Dr. H. Abdul Muhaya, M.A. Kegiatan pada hari pertama diakhiri dengan diskusi Dekan dan Kaprodi yang dipandu oleh Dr. H. Ismail, M.Ag. (Dekan FST UIN Walisongo) dan Dr. Sri Harimi, M.Si. (Ketua Forum Dekan FST Nasional PTKIN).
Kegiatan akan dilanjutkan pada tanggal 5 oktober 2019 dengan agenda The 1st International Scientific, Educational and Technological Confrence 2019. Pembukaan acara seminar internasional di awali dengan sambutan oleh Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. H. Imam Taufiq, M.Ag. dan dilanjutkan penyampaian materi seminar internasional. Materi seminar internasional akan disampaikan oleh tiga narasumber yaitu; Prof. Tetsuo Soga, Ph.D. (Nagoya Intitute of Technology), Prof. Hadi Nur, Ph.D. (Universiti Teknologi Malaysia), Prof. Dr. Muhammad Zarlis (Universitas Sumatera Utara) dan pandu oleh moderator Dr. Stalis Norma Ethica, S.Si, M.Si (Universitas Muhammadiyah Semarang).
Presentasi panel dan poster ilmiah para peserta akan mengakhiri kegiatan pada tanggal 5 oktober 2019. Para peserta oral dan poster presentation dibagi menjadi delapan kelompok atau ruang diskusi. Para peserta akan menyajikan hasil-hasil penelitian di bidang sains dan teknologi yang nantinya akan dipublikasi di Jurnal Prosiding Internasional.
Puncak acara pertemuan Dekan FST PTKIN Indonesia disambut dengan Gala Dinner bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi,S.E.,M.M. pada tanggal 5 Oktober 2019, Gala Dinner yang akan diselengarakan di Balai Kota Semarang tersebut merupakan salah satu bagian penting dari serangkaian kegiatan International Scientific, Educational and Technological Confrence and The Dean’s Forum FST. Para peserta Forum Dekan dan Seminar Internasional yang datang dari berbagai Provinsi dan Kota di Indonesia akan disuguhkan oleh saijan budaya dan kuliner khas Kota Semarang. Pemerintah kota Semarang lewat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infromatika akan mengenalkan budaya Kota Semarang dan Pariwisata di Kota Semarang. Kota Semarang yang merupakan salah satu kota metropolitan yang mendapatkan anugerah Smart City di Indonesia akan membagikan pengalamannya dalam tata kelola kota, Budaya dan Pariswisata.
Serangkaian kegiatan Forum Dekan dan Seminar Internasional akan ditutup pada hari minggu, 6 Oktober 2019 dengan agenda Semarang City Tour mengelilingi Kota Semarang bersama Dinas Perhubungan. Dalam kegiatan Semarang City Tour, peserta akan disajikan pengalaman terbaik mengunjungi spot-spot pariwisata di Kota Semarang seperti Museum Ronggowarsito, Lawang Sewu, Sampokong, Kota Lama.dll
Press Release : Fajrul Falakh (Sie Acara)

Narahubung :
Abdul Malik (+62 81393720367)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X