Siapkan Kurikulum 2020, FEBI UIN Walisongo Semarang Adakan Kegiatan Review RPS

Suasana kegiatan Review RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang dilaksanakan di Hotel Candiview Semarang

UIN Walisongo Online; Semarang – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang hari ini, Rabu tanggal 8 Oktober 2019, mengadakan kegiatan Review RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang dilaksanakan di Hotel Candiview Semarang.
Ketua Panitia, Sekretaris prodi S1 Ekonomi Islam, Nurudin, SE., MM., dalam laporannya, menyampaikan bahwa kegiatan review RPS adalah program fakultas yang sudah sesuai dengan Program Kerja Tahun 2019, kegiatan diselenggarakan satu hari penuh, dan diikuti oleh 40 dosen dari FEBI UIN Walisongo dan dosen FEB Perguruan Tinggi sekitar seperti Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS), dan Institut Agama Islam Wali Sembilan (IIWS) Semarang.
“ Dengan Kegiatan ini diharapkan adanya pembaharuan atau update materi disetiap mata kuliah, RPS yang dibuat sesuai dengan format yang sudah ditentukan, setiap satu mata kuliah hanya ada satu RPS yang ada, nantinya setiap dosen yang mengampu mata kuliah yang sama harus menggunakan RPS yang sudah disusun oleh dosen rumpun” kata Nuruddin.
Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Nur Fatoni, M.Ag. Rabu (9/10/2019).
Dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Nur Fatoni menyampaikan bahwa kegiatan Riview RPS tidak lepas dari persiapan riview kurikulum yang diharapkan menghasilkan Kurikulum 2020.
“Maksud dan tujuan kegiatan review RPS FEBI tahun 2019 ini adalah, yang pertama perbaikan Learning Outcome (LO) atau capaian pembelajaran yang terukur, yang kedua dengan kegiatan ini diharapkan menghasilkan penyamaan format RPS, dan yang ketiga dengan review RPS ada perbaikan materi perkuliahan yang up to date dan sudah urut sesuai maping materi” Sambut Nur Fatoni.
Menurut Nur Fatoni, kegiatan review RPS pada akhirnya mempunyai tujuan yang mulia yakni memberikan pelayanan akademik yang berkualitas kepada mahasiswa dan stakeholder yang lain.
“Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah memberikan pelayanan akademik yang berkualitas kepada mahasiswa, diharapkan nantinya setiap mata kuliah yang sama bersumber pada RPS dan ppt yang sama” tambah Nur Fatoni.
Marwini, S.H.I., MA., M.S.I., salah satu peserta dari UNDIP merasa senang dilibatkan, dan berharap bisa memberikan sumbangan pemikiran pada kegiatan yang diselenggarakan FEBI UIN Walisongo ini.
“Mudah-mudahan kehadiran saya disini memberi manfaat baik bagi saya, maupun bagi FEBI UIN Walisongo, insya Alloh saya akan memberikan pengetahuan yang saya miliki sehingga harapan dari kegiatan ini akan tercapai” jawab Marwini ketika diminta tanggapannya […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X