FDK UIN Walisongo Bersama FK-KBIH LDII Solo Raya Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan Ke IX

UIN Walisongo Online; Semarang- Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan FK-KBIH LDII Solo Raya menyelenggarakan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional Angkatan Ke IX. Berdasarkan laporan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag., acara ini akan berlangsung selama 8 hari tanggal 11 – 18 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 109 peserta berasal dari daerah yang beragam: dari Jateng 73 orang, Jatim 20 orang, DIY 3 orang, DKI Jakarta 6 orang, Kaltim 4 orang, dan dari Sumut, Sumsel, Sulsel masing-masing 1 orang. Peserta berasal dari utusan yang beragam, antara lain dari Ormas Islam, Pondok Pesantren, KBIH, Biro Travel, dan utusan lainnya.

Acara ini dibuka oleh Dirjen PHU Kemenag RI. Nizar Ali dan dihadiri oleh Rektor UIN Walisongo, Kanwil Kemenag Jateng, serta beberapa undangan. Dalam sambutannya Dirjen PHU menekankan pentingnya sertifikasi pembimbing manasik haji bagi peningkatan kualitas pelaksanaan manasik haji dan kemabruran ibadah haji.

Menurut Ketua Panitia Bidang Akademik Drs. H. M. Mudhofi, M.Ag. kegiatan sertifikasi ini merupakan implementasi dari MoU yang ditandatangani oleh Dirjen PHU Kementrian Agama RI. dan Rektor UIN Walisongo, yang dalam pelaksanaanya ditangani oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi bekerjasama dengan berbagai lembaga mitra. Kegiatan sertifikasi ini sudah angkatan yang ke 9. Dalam pelaksanaannya, mulai dari proses pendaftaran, Pre Test dan Post Test, semua dilakukan secara online berbasis android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X