Hadirkan Filosof Fakhruddin Faiz, HMJ Aqidah dan Filsafat Islam FUHUM Sukses Gelar Ngaji Filsafat Cinta

UIN Walisongo Online; Semarang- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Aqidah dan Filsafat Islam (AFI) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang sukses menggelar acara Ngaji Filsafat, Sabtu (12/10/2019). Acara yang bertemakan “Revitalisasi Kearifan Cinta” ini berlangsung di Masjid Al Fitroh Kampus 2 UIN Walisongo Semarang.

Kegiatan tersebut pertama kalinya diadakan. Namun, peserta nampak antusias hadir. Sejumlah 450 orang peserta mengikuti acara. Mereka dari berbagai kalangan,  selain para mahasiswa UIN Walisongo, hadir pula dari kampus lain seperti IAIN Kudus dan IAIN Salatiga. Bahkan masyarakat umum.

Ketua Jurusan AFI, Muhtarom, M.Ag, dalam sambutannya menuturkan bahwa acara seperti ini hendaknya terus diagendakan. “Saya mengapresiasi adik-adik mahasiswa, terutama HMJ AFI. Hebat, kalian sukses mengadakan acara penting ini. Kami harap, tidak hanya sekali, tetapi diadakan berkelanjutan,” katanya.

Acara berlangsung meriah. Narasumber Faiz, panggilan akrab Dr. Fakhruddin Faiz, M.Ag, namanya sudah mashur di kalangan mahasiswa dan masyarakat, terutama DIY dan Jateng, bahkan nasional. Mereka mengenal tidak hanya melalui tatap muka langsung tetapi juga menyaksikan lewat youtube. Beliau adalah dosen filsafat UIN Yogyakarta, yang mengisi acara rutinan Ngaji Filsafat di Masjid Jendral Sudirman Yogyakarta.

Faiz dalam paparannya menjelaskan acara ini diharapkan dapat menghidupkan kembali nilai-nilai kebijaksanaan dalam cinta. Karena tereduksinya bahkan kesalahpahaman akan konsep cinta menjadikan selama ini terjadi kemerosotan moral baik itu hubungan dengan Allah swt maupun sesama manusia.

Lebih lanjut, Faiz menjelaskan “Memaknai cinta yang salah, akan menyebabkan kemerosotan moral. Padahal, seharusnya nilai-niilai cinta yang universal mampu menjaga moral dan berimplikasi positif bagi segala perbuatan,” jelasnya.

 

Sumber :

Hadirkan Filosof Fakhruddin Faiz, HMJ Aqidah dan Filsafat Islam FUHUM Sukses Gelar Ngaji Filsafat Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X