Peringati Hari Santri: KKN UIN Walisongo Gandeng 60 Penghafal Al Qur’an

UIN Walisongo Online; Semarang- Mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Semarang menggelar khataman Al-Qur’an di Gedung IPHI Bringin (21/10/2019). Gelar acara ini menyambut hari santri 2019 dengan menghadirkan 60 penghafal Al-Qur’an se-Kabupaten Semarang yang dipimpin KH Mudzakir Alhafidz. “Kami sangat terbantu dan terima kasih kepada tim KKN UIN Walisongo yang telah membantu pelaksanaan hari santri ini” kata H. Ta’yinul Bari Bagus Nugroho, Ketua Panitia Lokal Hari Santri yang juga Kepala Kantor Urusan Agama Bringin.

Mahasiswa KKN UIN, lanjutnya, sudah dapat melaksanakan kegiatan secara baik di wilayah Kabupaten Semarang. Keterlibatannya dalam pengabdian masyarakat sesuai dengan tema KKN, apalagi dengan adanya hari santri ini. Koordinasi mahasiswa cukup positif, terutama dalam pelaksanaan semaan Al-Qur’an, donor darah, expo santri dan puncak upacara hari santri. “Kami berharap semoga ke depan bisa bergandengan tangan kembali dengan UIN Walisongo dalam memajukan santri Kabupaten Semarang” pungkas Bagus yang juga Ketua PAC GP Ansor Bringin.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M, M Rikza Chamami menyebutkan bahwa UIN Walisongo ikut memeriahkan hari santri di dua lokasi KKN. Di Kabupaten Semarang, hari santri dipusatkan di Bringin dengan semaan Al-Qur’an dan Kabupaten Kendal digelar pawai santri peduli lingkungan yang diikuti 7.000 peserta. “Bakti kami kepada masyarakat di bulan Oktober ini salah satunya dengan mendekatkan mahasiswa KKN lewat momentum hari santri” tegas Rikza yang didamping staf ahli LP2M, Dr H Ahmad Tajuddin Arafat MSI dan Aang Asari MH.

Sejak awal tim KKN diterjunkan di Kabupaten Semarang, lanjutnya, sudah dipesankan oleh Pemkab agar tim KKN aktif terlibat di dua event besar, yakni Kongres Sampah dan Hari Santri. “Alhamdulillah kemarin kegiatan Kongres Sampah sudah berjalan dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur dan hari santri ini sudah jalan” pungkasnya. Sementara Kasi Kesra Kecamatan Bringin, Mawardi menyampaikan apreseasi terhadap peran mahasiswa KKN. Sedangkan Koordinator KKN Kecamatan Bringin, Muhammad Rifqi menyampaikan terima kasih kepada LP2M UIN Walisongo yang telah mensuport kegiatan hari santri.*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *