Peringati Hari Santri Nasional KKN UIN Walisongo Adakan Lomba Bernuansa Islami

UIN Walisongo Online; Semarang- Minggu (20/10/2019) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang ke-3 pada 22 Oktober mendatang, KKN Reguler ke-73 UIN Walisongo Semarang posko 46 Desa Ngadikerso Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang mengadakan berbagai lomba bernuansa islami di antaranya lomba adzan dan iqomah, praktek sholat, membaca surat pendek, dan cerdas cermat Islam. Lomba-lomba tersebut diselenggarakan antar dusun di desa Ngadikerso, yang pesertanya terdiri dari para santri TPA atau TPQ dan Madrasah Diniyah (Madin) se-Desa Ngadikerso.

Selain bertujuan untuk memperingati HSN, kegiatan ini juga meningkatkan kerohanian anak-anak di desa Ngadikerso sehingga menimbulkan semangat mengaji sekaligus menjadi ajang silaturahmi untuk seluruh masyarakat desa Ngadikerso. Sebagaimana di kemukakan Kepala Desa Ngadikerso, bapak Kristiyono “Kegiatan seperti ini diharapkan mampu memberi semangat anak-anak dalam menuntut ilmu khususnya dalam ilmu pengetahuan Islam. Pasalnya , kegiatan peringatan Hari Santri ini menjadi kegiatan perdana yang dipelopori oleh tim KKN UIN Walisongo Semarang, sehingga diharapkan dapat dilanjutkan secara kontinu di tahun-tahun berikutnya,” tuturnya.

Sebagaimana dikutip oleh Ketua Panitia HSN, “Acara ini diharapkan dapat berlanjut di tahun berikutnya dan bisa di kerahkan oleh tim Karang Taruna di desa Ngadikerso sebagai kegiatan positif yang bernuansa Islami,” imbuhnya.

Dan adapun juara-juaranya terdiri atas : Lomba Adzan dan Iqomah, Juara 1 : Afnan Hakim Haqiqi ; Juara 2 : Anas Khoirun Niam ; Juara 3 : Hasan Fais. Selanjutnya Lomba Baca Surah Pendek, Juara 1 : Vivi ; Juara 2 : Ali Rabit F. ; Juara 3 : Reyhan Pradita S. Selanjutnya Lomba Praktek Sholat, Juara 1 : Ratih Intan S ; Juara 2 : Tahta Zakiya ; Juara 3 : Syifa Fatwa A. Kemudian Lomba Cerdas Cermat Islami, Juara 1 : Dusun Kawedusan ; Juara 2 : Dusun Ngadikerso ; Juara 3 : Dusun Gondangan.

Acara seperti inilah yang menjadi semangat keagamaan khususnya bagi anak-anak yang belajar di TPQ atau TPA sekaligus menjadi kenangan yang berarti bagi tim KKN Posko 46 UIN Walisongo Semarang. Kegiatan ini merupakan penggagas pertama dalam merayakan Hari Santri di Desa Ngadikerso.
“Saya senang bisa mengikuti lomba, karena saya bisa mengasah kemampuan saya,” kata Heri salah satu peserta lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X