Dekan FITK UIN Walisongo lepas 562 Mahasiswa PPG; Daljab 2019 untuk melaksanakan PPL

UIN Walisongo Online; Semarang – Senin, (21/10/2019) Sebanyak 562 Mahasiswa PPG mengikuti apel pelepasan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Mereka dilepas oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, Dr. Hj, Lift Anis Ma’shumah M.Ag.
Mahasiswa PPG Di LPTK UIN WS Daljab 2019 terdiri dari PPG Madrasah 442 mahasiswa dan PPG PAIS Berjumlah 120 orang yang masing-masing terbagi kedalam beberapa rombel sesuai latar belakang mapel mahasiswa PPG.
Dekan FITK selaku pimpinan apel mengatakan, bahwa PPL bagi mahasiswa PPG ini pada hakekatnya adalah untuk memantapkan dan menguatkan kemampuan mengajar para mahasiswa PPG. “Melalui penerapan perangkat pembelajaran yang telah dihasilkan dari kegiatan lokakarya, diharapkan mampu menunjang tercapainya penguasaan kompetensi secara utuh, agar menjadi seorang guru yang lebih profesional, ujar Dr Hj Lift Anis Ma’shumah M.Ag”.
Mahasiswa PPG diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan PPL untuk 2 hal, Yang Pertama, Sebagai kesempatan untuk belajar dan sharing dengan para guru pamong, Sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan juga saling asah, asih dan asuh.
Kedua, Kegiatan PPL PPG dapat Menjadikan mahasiswa PPL sebagai wadah dan wahana problem solving atas permasalahan pembelajaran maupun pengelolaan yang selama ini di rasakan, Dengan demikian maka mahasiswa PPG selama melaksanakan kegiatan PPL tidak hanya melaksanakan tugas pembelajaran (praktik mengajar) dan manajemen madrasah/sekolah, namun juga melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK).
“Mahasiswa PPG sebelumnya sudah ditempa dan dibekali dalam kegiatan Lokakarya Oleh Dosen Ahli yang di laksanakan mulai tanggak 26 September-19 Oktober dengan harapan mereka mempunyai kompetensi untuk menjadi guru profesional”, tambahnya.
Lebih lanjut Dekan berpesan agar mahasiswa melaksanakan tugas PPL dengan sebaik-baiknya dan menampilkan serta memberi pelayanan terbaik, karena PPL juga sebagai gerbang menuju Ujian kinerja (UKIN). Selain itu, dekan juga berpesan agar mahasiswa PPG menjaga nama almamater UIN Walisongo Semarang selama di lapangan, semoga sehat dan sukses semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X