FEBI UIN Walisongo Semarang Selenggarakan Evaluasi PKL/Magang dan Silaturahmi dengan Mitra Kerja


UIN Walisongo Online; Semarang- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan Evaluasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) / Magang dan Silahturahmi dengan mitra kerja yang dilaksanakan di Hotel Azana, Selasa,(22/10/2019).
Ketua panitia, Zuhdan Ady Fataron, S.T., MM., dalam laporannya menyampaikan Acara ini bertujuan menilai apakah kegiatan PKL/Magang selama ini sesuai dengan harapan, dan Evaluasi terhadap pelaksanaan PKL dengan menerima masukan, saran dari para pimpinan lembaga yang menjadi mitra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta membangun Networking dengan Mitra terkait informasi lowongan pekerjaan bagi para alumni Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
“ Diadakannya acara ini dimaksudkan untuk menjaga agar kualitas pelaksanaan PKL/Magang sesuai dengan yang diharapkan. Pada tahun-tahun lalu evaluasi magang dilaksanakan per prodi, mengingat hasilnya tidak efisien, karena ada beberapa tempat PKL/ Magang yang sama, maka berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu, maka tahun ini evaluasi dilaksanakan bersama agar lebih efisien.” Ungkap Zuhdan.
“Yang kedua, dapat kami laporkan tentang jumlah mahasiswa yang sudah melaksanakan PKL pada semester lalu, Prodi EI sejumlah 154 mahasiswa dengan jumlah 35 instansi, Prodi AKS sejumlah 115 mahasiswa 36 instansi,,Prodi d3 PBS sejumlah 116 mahasiswa 19 instansi, Prodi PBS S1 sejumlah 123 mahasiswa 21 instansi. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut, dan bisa membawa mahasiswa FEBI mempunyai skill yang bisa mereka gunakan untuk bersaing di dunia kerja nanti.” Tambahnya
Dr. H. Nur Fatoni, M,Ag selaku Wakil Dekan I, dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktif dalam kegiatan sarasehan evaluasi PKL/ Magang serta kerja sama yang telah terjalin. Magang adalah proses menyelaraskan antara kurikulum yang kami siapkan dengan geliat dunia kerja. Kita semua berharap, ada generasi ke depan yang produktif. Karena itu, perlu adanya sinergi antara kami dengan para mitra magang.

“Kegiatan PKL/Magang merupakan bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu, sehingga diperlukan sinergi antara lembaga pendidikan dengan lembaga kerja” sambut Dr. Nur Fatoni.

Acara Dialog interaktif antara Pimpinan FEBI dengan mitra kerja dipimpin Wakil Dekan 2, H. Khoirul Anwar, M.Ag., Masukan-masukan dari para mitra magang sangat bervariatif seperti : Penambahan durasi waktu menjadi 2 bulan, pelibatan mitra kerja dalam berbagai event di kampus, pemberian target pada saat ditempatkan ditempat magang, peningkatan Softskill pada peserta magang,harapan kedepan kegiatan PKL dapat ditingkatkan baik dari sisi kualitas kegiatan maupun kualitas keilmuannya.
Hadir pada kegiatan ini Lembaga mitra kerja yang diundang: PLN Rayon Semarang Barat , BPKP Provinsi Jawa Tengah , Kantor Konsultan Pajak Budy Santoso , Sekretariat Daerah (SEKDA) Kota Semarang , KAP Riza Adi Syahril dan Rekan , PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia Semarang , PT. Segar Makmur Lestari Semarang Barat , UIN Walisongo Semarang , Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Demak, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Kendal, Bank Syariah Mandiri KC Kudus, Bank Syariah Mandiri KC Batang, Bank Syariah Mandiri KC Temanggung, Bank Syariah Mandiri KC Pati, Bank Syariah Mandiri KC Semarang, Bank Syariah Mandiri KC Purwodadi, BPD Jateng KC Syariah Semarang, Bank Indonesia Perwakilan Semarang, BPD Jateng KC Magelang, BNI Syariah KCP Unisula, Bank Muamalat Indonesia Cabang Solo, BUKOPIN Syariah Cabang Solo, BPRS BINASIA, BPJS Ketenagakerjaan, LAZISMU Jawa Tengah, DPMPTSP Kota Semarang, PT. Angkasa Pura I Semarang Barat, BEI Perwakilan Semarang, BNI Syariah KC Banyumanik, NU Care – LAZISNU Jawa Tengah, Syufi Collection (SINTAK) Kabupaten Kendal, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal, BRI Syariah KC Semarang, BTN Syariah KC Semarang, BMT Binasia Semarang, BPRS Galamitra Abadi Purwodadi, BPRS As’ad Alif Sukorejo, BPRS Sakadana Mulia Kudus, BPRS Suriyah KC Kudus, BMT Walisongo Mijen Semarang, BMT Mitra Hasanah Semarang, BMT Al Hikmah Ungaran, BMT Aulia Magelang, BMT Marhamah Wonosobo, BMT Tamzis Wonosobo, BMT Hudatama Semarang, BMT Giri Muria Kudus, BRI Syariah KC Pati, BNI Syariah KC Semarang, Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Binabusana Internusa Group Kota Semarang, PT. Pacific Furniture Semarang, PT. Asuransi Jasindo Semarang, Kospin Jasa Syari’ah, PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Kota Semarang, Pegadaian Syari’ah Kaligarang Semarang, PT. Wahyu Cipta Sejahtera Semarang Barat. [muhae]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *