UIN Walisongo Semarang Gelar Persiapan Menghadapi UI Green Metric 2019

UIN Walisongo Online; Ungaran- Memasuki era perubahan industri 4.0 UIN Walisongo Semarang melakukan pembenahan dalam hal teknologi dan digitalisasi dalam hal sarana prasarana dan aspek kurikulum dan pendidikan yang berwawasan kampus hijau. Untuk menciptakan pembangunan UIN Walisongo menuju kampus hijau “green campus” yang ramah lingkungan maka UIN Walisongo Semarang melakukan “Workshop: “Penyusunan Dokument UI Green Metric” di Hotel Melva Balemong Ungaran pada 22-23 Oktober 2019. Tujuan penyusunan dokument UI Green Metric agar UIN Walisongo Semarang pada tahun 2019 dapat berpartisipasi dan menjadi bagian dari UI Green Metric.

UI Green Metric adalah sistem pemeringkatan universitas di dunia yang didasarkan pada Sustainability. Penyelenggarannya setiap satu tahun sekali dan diverifikasi oleh tim UI Green Metric. Sampai pada saat ini lebih dari 700 universitas dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia telah berpartisipasi dalam UI Green Metric.

Ketua Tim Green Campus UIN Walisongo Semarang sekaligus Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. M. Mukhsin Jamil, M. Ag. pada pembukaan acara menjelaskan “UIN Walisongo Semarang selain memiliki wawasan green campus harus berwawasan smart, jadi jika digabungkan menjadi smart and green campus Walisongo”. Smart and Green Campus Walisongo harus dijabarkan dan diimplementasikan dalam 6 kriteria UIN Green Metric yaitu: 1. Penataan dan Infrastruktur, 2 Energi dan Perubahan Iklim, 3. Pengelolaan Limbah, 4. Pengelolaan Air, 5. Transportasi dan. 6 Pendidikan dan Penelitian.

Turut hadir Ketua Pusat Teknologi Inforamasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Lulu Choirun Nisa, S.Si., M.Pd. dan segenap tim penyusun dokument UI Green Metric 2019.

Kontributor : Abdul Malik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X