UIN Walisongo Jalin Kerjasama dengan 23 Perguruan Tinggi Jiangsu China

 

UIN Walisongo Online; Semarang – UIN Walisongo Semarang bekerja sama dengan 23 perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jiangsu China mengadakan “Jiangsu Education Expo 2019,” Jumat (25/10) di aula II kampus UIN Walisongo. Acara ini dihadiri oleh delegasi masing-masing perguruan tinggi yang datang dari Jiangsu China. Jiangsu Education Expo 2019 ini sekaligus menjadi momentum penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Walisongo dengan 23 perguruan tinggi dari Jiangsu yang hadir.

 

Rektor UIN Walisongo, Prof Dr H Imam Taufiq, MAg dalam sambutannya menyampaikan bahwa MoU yang dilakukan merupakan bagian dari ikhtiar untuk mengantar UIN Walisongo menuju perguruan tinggi bereputasi internasional. Di samping itu, melalui kerjasama ini, visi UIN Walisongo untuk menjadi Universitas Islam Riset Terdepan Berbasis Kesatuan Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan dan Peradaban Pada Tahun 2038 dapat terwujud.
“Melihat kebutuhan saat ini, bahwa untuk menuju world class university kita perlu bekerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Dan kita beruntung ada 11 universitas dan 12 institut yang bersedia bertukar ilmu dengan kita.” Tukasnya.

Prof Imam berharap kepada seluruh civitas akademika UIN Walisongo, baik dosen maupun unsur akademik lainnya, untuk dapat memanfaatkan kerjasama yang telah terjalin untuk meningkatkan kompetensi masing-masing, terutama dalam bidang tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat).

Jiangsu Education Expo 2019 ini juga merupakan ajang pengenalan 23 perguruan tinggi di Jiangsu bagi para mahasiswa. 23 perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai konsentrasi bidang keilmuan ini membuka peluang selebar-lebarnya bagi mahasiswa UIN Walisongo yang berencana melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya (graduate), baik jalur beasiswa maupun reguler.

MoU 23 perguruan tinggi Jiangsu ini tidak hanya dilakukan dengan UIN Walisongo tetapi juga dilakukan dengan 17 perguruan tinggi Islam swasta di bawah Kopertais Wilayah X Jawa Tengah. Penandatanganan MoU ini berlangsung malam harinya yang bertempat di Balai Kota Semarang yang dikemas dalam acara “Open House and Gala Dinner.”

Open House and Gala Dinner ini dihadiri oleh Wakil Walikota Semarang. Prof Dr H Imam Taufiq MAg untuk kali kedua memberi sambutan atas nama koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah. Ia mengemukakan bahwa tujuan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi Islam swasta yang ada di Jawa Tengah sehingga pada akhirnya bisa setara dengan kampus bergengsi lainnya. Prof Imam menaruh harapan besar bahwa kerjasama ini untuk ke depan bisa berjalan efektif berupa kegiatan riset yang dilakukan oleh para dosen, pegawai, dan unsur-unsur civitas akademika lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X