Jurusan KPI Wajibkan Mahasiswa Berkemampuan Literasi Media

 

UIN Walisongo Online; Semarang – Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KPI dan Forum Literasi Media (FLM) UIN Walisongo Semarang mengadakan Pelatihan dan Workshop Literasi Media, Sabtu (26/10) di Aula I Kampus UIN Walisongo Semarang.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo, Sucahyo Kuswirantomo, SH SSos MH, hadir untuk membuka acara tersebut.

Jurusan KPI wajibkan mahasiswanya memiliki kemampuan literasi media. Nantinya, sertifikat bukti mengikuti kegiatan ini digunakan sebagai syarat pendaftaran ujian komprehensif.
Nilnan Ni’mah, MSI, sekretaris jurusan KPI mengatakan, “Mahasiswa sekarang bukan lagi sebagai penikmat media, tapi juga jadi pengawas media.”

Narasumber berasal dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Tengah, dua instansi yang memberikan kontribusinya dalam pengawasan media. KPID Jateng memberikan materi tentang kode etik dan tuntutan pasar. Sedangkan Diskominfo Jateng memberikan materi mengenai negative and positive aspect of media.
Peserta kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa KPI UIN Walisongo Semarang angkatan 2017.

Tak hanya paparan materi, mahasiswa juga akan diberi pelatihan untuk mengkritisi media dan membuat mini project mengenai literasi media pada tanggal 27 Oktober 2019 dan 2 November 2019. Harapannya, mahasiswa tidak hanya paham teorinya, namun bisa mempraktikkan kemampuan literasi media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X