Dekan FST UIN Walisongo Berikan Semangat Kepada Peserta Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKI Tahun 2019

Kementrian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKI Tahun 2019 dengan tema “Peran dan Tantangan Sains dan Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0 Sintesis, Karakterisasi, dan Properti”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang kompetisi dalam bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Karya Inovasi Bidang Ilmu bagi mahasiswa dan dosen lingkup PTKI Negeri dan Swasta. Sebanyak 16 peserta dari UIN Walisongo Semarang mengikuti seleksi tahap penyisihan. Ke-16 peserta tersebut terdiri atas 3 peserta dari bidang ilmu Matematika, 11 peserta dari bidang ilmu Biologi, dan 2 peserta dari bidang ilmu Kimia. Tahap penyisihan ini dilaksanakan serempak melalui daring di seluruh PTKIN di Indonesia pada hari Rabu, 30 Oktober 2019. OSKI PTKI 2019 ini merupakan Olimpiade Sains pertama tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang Dr Ismail MAg didampingi Wakil Dekan 1 Dr Saminanto MPd membuka kegiatan seleksi tahap pertama ini di Ruang Sidang Rektorat lantai 3.
Dalam sambutannya, Dr Ismail MAg memberikan apresiasi dan semangat kepada mahasiswa yang mengikuti seleksi.
“Semangat buat para mahasiswa yang mengikuti seleksi, kami berharap kegiatan ini memiliki dampak yang signifikan terhadap prestasi mahasiswa kita ditingkat Nasional”, ujar beliau.
“Saya juga berharap mahasiswa fakultas sains dan teknologi UIN Walisongo Semarang dapat bersaing dalam menghadapi tantangan era industri 4.0 dengan menguatkan 4 karakteristik pendidikan abad 21 yaitu kemampuan kolaborasi, komunikasi, problem solving dan berfikir kritis, serta kreativitas dan inovasi, karena OSKI PTKI ini merupakan kegiatan tingkat nasional dalam rangka mewujudkan 4 karakteristik tersebut secara berkelanjutan bagi mahasiswa dan dosen PTKI di Indonesia”, lanjut beliau.


Babak final kompetisi ini akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 November 2019 di UIN Alauddin Makassar Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X