Memupuk Rasa Percaya Diri Lulusan, Prodi D3 Perbankan Syariah FEBI UIN Walisongo Semarang Adakan Beauty and Handsome Class

UIN Waliosongo Online; Semarang- Tampil menarik penuh percaya diri amat penting dimiliki oleh lulusan sebuah Perguruan Tinggi agar dapat memenangkan persaingan di dunia kerja. Menyadari akan hal itu Program Studi (Prodi) D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang mengadakan Beauty and Handsome Class. Dalam acara tersebut para peserta dibekali dengan keterampilan yang memadai untuk merias diri dan menata diri agar dapat tampil cantik menarik dan tampan menawan.
Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) D3 Perbankan Syariah bekerja sama dengan Wardah Cosmetika itu dibuka oleh Wakil Dekan 3, Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs H. Saekhu, MH., Rabu (30/10/2019).
Acara yang mengusung tema “Improve Your Style, Improve Your Career”, ini dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Oktober 2019 bertempat di Auditorium Gedung Q FST Kampus 2 UIN Walsiongo Semarang, diikuti oleh 80 peserta. Tujuan dari acara ini adalah untuk melatih keterampilan dan kemampuan para mahasiswa dalam berias diri atau memperbaiki penampilan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan 3 menekankan arti penting penampilan yang menarik bagi para lulusan agar nantinya tidak mengalami banyak hambatan ketika bersaing merebutkan peluang di dunia kerja.
Senada dengan Wakil Dekan 3, Ketua Program Studi D3 Perbankan Syariah, Dr. A. Turmudi, SH., M. Ag., juga menyampaikan bahwa berpenampilan menarik menjadi syarat tidak tertulis bagi siapa pun yang ingin melamar pekerjaan. Hal demikian terjadi karena mayoritas manusia menilai sejak pandangan pertama. Kesan pertama menjadi penting. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan bahwa orang yang berpenampilan menarik dianggap lebih pintar daripada yang berpenampilan biasa-biasa saja. Meski anggapan demikian tidaklah selalu tepat. Lebih jauh Kaprodi D3 Perbankan Syariah menjelaskan bahwa lulusan D3 PBS amat membutuhkan kemampuan tampil menarik karena mereka merupakan calon-calon praktisi perbankan yang berhubungan dengan orang banyak seperti bidang front liner, customer service, dan staf marketing.
“Dalam dunia kerja, pegawai berpenampilan menarik lebih sukses. Hal ini berdasar pada tiga alasan. Pertama, lebih percaya diri. Para pegawai yang berpenampilan menarik cenderung lebih percaya diri. Kedua, Dianggap memiliki kemampuan lebih. Kecuali rasa percaya diri yang baik, pegawai yang berpenampilan menarik juga dianggap memiliki kemampuan yang lebih unggul. Ketiga, pandai berkomunikasi. Dengan memiliki rasa percaya diri yang baik seseorang akan mudah berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja maupun atasan” demikian menurut Turmudi. [muhae].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X