FST UIN Walisongo Kembali Gelar Walisongo Science Competition 2019

 

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang kembali mengadakan kompetisi tingkat nasional bertajuk Walisongo Science Competition 2019. Kompetisi ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Sabtu (02/11/2019) Tema yang diangkat adalah “Optimalisasi Peran Pendidikan, Sains dan Teknologi di Indonesia untuk Kemanusiaan dan Peradaban”.

Berlangsung di Kampus 2 UIN Walisongo Semarang, kegiatan ini diikuti oleh 118 dari 42 Perguruan Tinggi ternama Se-Indonesia yang pada puncak kompetisi terseleksi menjadi 10 Finalis pada tiga cabang lomba yaitu ; Karya Tulis Ilmiah, Microteaching dan Inovasi Teknologi Tepat Guna.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Ismail, M.Ag menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta dan membuka acara secara resmi. “Selamat datang dan selamat berkompetisi di Kampus Kemanusiaan dan Peradaban, UIN Walisongo Semarang. Terima kasih, semoga karya-karya terbaik peserta dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Sains dan teknologi” Harap Ismail dalam sambutannya.

 

Ketua Panitia Walisongo Science Competition 2019, Saifullah Hidayat. M.Sc pada keterangannya menuturkan bahwa Saat ini bidang sains dan teknologi sedang menjadi concern bersama para perguruan tinggi keagamaan Islam di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia, hal demikian ini merupakan wujud dari respon terhadap tantangan zaman di era Revolusi Industri 4.0.

“Walisongo science competition ini dihadirkan sebagai wujud dukungan penuh kepada lembaga pendidikan untuk terus mendorong kemajuan bangsa melalui upaya peningkatan karya-karya Ilmiah di bi bidang Pendidikan MIPA, Natural science dan Teknologi” Terang Saefullah Hidayat.
Setelah menjalani serangkaian tahapan proses seleksi, dan penilaian para finalis oleh dewan juri profesional, dihasilkan para pemenang pada tiap-tiap cabang perlombaan sebagai berikut :

Lomba Karya Tulis Ilmiah
Juara 1 Moch Banal Madja.dkk (IAIN Kudus)
Juara 2 Andini Putri Winangun.dkk (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Juara 3 Jesicha Ayu Rachmawati.dkk (UIN Walisongo Semarang)
Prsenter Terbaik Wahid Rasyid Saputra (UIN Walisongo Semarang)

Lomba Microteaching
Juara 1 Nela Fitriatul Hikmah (UIN Walisongo Semarang)
Juara 2 Noor Eka Febyana (IAIN Palangkaraya)
Juara 3 Erni Yuliana (UIN Sunan Kaljaga Yogyakarta)
Best Performance M. Reza Ramdani (UIN Walisongo Semarang)

Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna
Juara 1 A. Farid Rohmatulloh (UIN Walisongo Semarang)
Juara 2 Agung Dwi Saputro (UIN Walisongo Semarang)
Juara 3 Megawaty Indah Pratiwi (UIN Walisongo Semarang)
Juara Favorit Humam Rosyid (Universitas PGRI Semarang)

(Humas FST/FF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *