KKN Posko 88 UIN Walisongo Prakarsai Kegiatan Festival Anak Sholeh di Desa Ujung-ujung

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, tim KKN Posko 88 Desa Ujung-ujung mengadakan lomba Festival Anak Sholeh, Minggu (03/11/2019). Kegiatan ini diselenggarakan di desa Ujung-ujung dengan mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

Berbagai lomba keagamaan seperti lomba adzan, hafalan do’a harian, hafalan juz ‘amma dan lomba cerdas cermat turut meramaikan kegiatan yang berlangsung di Masjid Ar-Rahman dan TPA dusun Baok tersebut.

Ketua Panitia, Diah Arwaningsih mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar generasi muda meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt. dan belajar lebih dalam mengenai ilmu agama.“Semoga menjadi anak-anak yang sholih dan sholihah dan lebih bersemangat belajar ilmu agama untuk kemudian mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Festival Anak Sholeh ini adalah ajang bagi para santri dari 7 Dusun yang ada di Desa Ujung-ujung untuk saling mengenal. Bahkan kegiatan Festival seperti ini baru pertama kali diadakan sehingga disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat.

“Acara ini sebagai ajang para santri se-Desa Ujung-ujung untuk ta’aruf saling mengenal. Semoga kedepannya (TPA) semakin tambah maju dalam mendidik anak-anak, karena selama ini saya sebagai pendidik di TPA belum pernah ada kegiatan Festival seperti ini meskipun sudah berulang kali ada mahasiswa yang KKN di desa ini”, tutur Ustad Rohmat dalam sambutannya selaku tokoh agama.

Selain itu, santri tidak boleh minder dalam belajar, selalu istiqomah mengaji bukan hanya saat duduk dibangku Sekolah Dasar melainkan terus menerus secara berkelanjutan. Bapak Darman selaku perangkat Desa Ujung-ujung menambahkan, kegiatan Festival Anak Sholeh seperti ini diharapkan dapat diselenggarakan setiap tahun.

Kegiatan Festival Anak Sholeh diikuti oleh 47 peserta yang berasal dari 6 TPA yang ada di Desa Ujung-ujung. Setelah berbagai lomba selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan Nobar (Nonton Bareng) film animasi anak islami “NUSSA”. Acara Festival Anak Sholeh diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. (Diah Arwaningsih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X