KKN Posko 70 Bersama HMJ Tasawuf dan Psikoterapi Adakan Pengobatan Tradisional

UIN Walisongo Online; Semarang – Minggu, 3 November 2019, Mahasiswa KKN Posko 70 UIN Walisongo Semarang adakan kegiatan Pengobatan Tradisional berupa bekam, totok wajah, dan pijat. Program ini dilaksanakan di TPQ Kalijambe, Desa Kalijambe, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang.
Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama antara KKN Posko 70 dengan HMJ Tasawuf dan Psikoterapi yang memang sedang menyelenggarakan kegiatan bakti sosial.
Menurut Yusuf Bahtiar, selaku Koordinator Desa Posko 70 “kegiatan ini kita ambil karena memang kita melihat disekitar sini belum banyak orang yang paham apa itu pengobatan tradisional dan apa saja macamnya. Sekalian mumpung ada tawaran kerjasama dari HMJ Tasawuf dan Psikoterapi.”
Pengobatan tradisional ini disambut baik oleh warga setempat. Ini bisa dilihat dari jumlah peserta pengobatan yang lumayan banyak, yaitu sekitar 50 peserta, serta antusiasme warga yang sangat tinggi.
“saya datang kesini karena memang saya sedang tidak enak badan, sekalian mumpung ada pengobatan gratis juga.” Ungkap Masrohan (40) warga kalijambe yang menjadi salah satu peserta pengobatan. “menurut saya, kegiatan seperti ini sangat bagus dilakukan agar masyarakat dapat merasakan apa itu yang namanya bekam, apa itu totok wajah, dan apa pula manfaatnya bagi tubuh.” Imbuhnya.
Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat mendapatkan pengobatan yang sesuai serta menambah wawasan tentang pengobatan tradisional dan apa saja macamnya untuk masyarakat. Harapannya, masyarakat bisa lebih mementingkan kesehatan diri sendiri serta tahu cara menjaga kesehatan. (Dinnia Asfarani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X