KKN UIN Walisongo Bantu Kembangkan Sanggar Baca Untuk Masyarakat

UIN Walisongo Online; Semarang – Tim KKN posko 83 Uin Walisongo Semarang Desa Jembrak, kecamatan Pabelan mengadakan kegiatan bersama di Gubuk Baca Msyarakat. Berangkat dari kurangnya kesadaran masyarakat, terutama anak anak di sekitar Dusun Godekan tentang budaya membaca buku, Gubuk Baca Mayarakat hadir sebagai salah satu wadah untuk mendorong minat anak anak untuk membaca, karena di Desa Jembrak banyak anak yang lebih memilih bermain gadget.
Berlokasi di Dusuk Godekan RT 04 RW 01, Desa Jembrak Kecamatan Pabelan.Gubuk Baca Masyarakat di dirikan oleh pemuda setempat, Anggun. Dirintis dari tahun 2017. Selain tempat untuk membaca buku di sanggar juga terdapat kelompok belajar yang dilaksanakan setiap hari.
“Nama Gubuk Baca masyarakat tercipta dari keresahan saya terhadap kurangnya minatn anak-anak untuk membaca, dan tentunya rumah baca ini saya harapkan menjadi tempat yang terbuka untuk siapapun, semua masyarakat yang ingin membaca” kata Anggun (6/11)
Melihat Potensi itu, KKN Posko 83 ingin membantu mengembangkan gubuk baca masyarakat. Selain membantu mengisi kegiatan untuk anak-anak kami juga melakukan Gerakan Donasi Buku guna membantu mengisi koleksi buku yang masih minim. Kegiatan yang dilakukan untuk meramaikan gubuk baca masyarakat yakni mengedukasi anak anak tentang daur ulang sampah untuk dijadikan media tanam dan mengajak anak-anak menenam bersama di tempat yang sudah mereka buat dari botol sampah.
Gerakan Donasi Buku mendapat respon positif dari masyarakat sekitar, selain itu juga mendapat respon positif dari para Donatur yang ingin menyumbangkan bukunya kepada kami. Rencanya Acara penyerahan Donasi akan dilaksanakan pada 17 November 2019 bersama anak-anak Desa Jembrak yang nantinya akan dibuka dengan permainan Edukasi. (Nailis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X