Prodi S2 Ekonomi Syariah FEBI UIN Walisongo Semarang Laksanakan Benchmarking ke KNKS dan UIN Syahid Jakarta

UIN Walisongo Online; Semarang- Prodi S2 Ekonomi Syari’ah FEBI UIN Walisongo Semarang, pada hari Senin-Selasa, 5-6 November 2019 melaksanakan benchmarking dan audiensi dengan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) dan Prodi Pasca Perbankan Syariah UIN Syarif Hidayatullah, di Jakarta.
Benchmarking diikuti oleh Dekan, Wakil Dekan 1, Kaprodi S2 Ekonomi Syariah, Sekprodi S2 Ekonomi Syari’ah dan 2 orang Staf Prodi S2 Ekonomi Syariah.
Dalam pertemuan di KNKS, Tim Benchmarking Prodi S2 Ekonomi Syariah bertemu dengan Direktur Eksekutif Ventje Rahardjo, Direktur Bidang Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah, Sutan Emir Hidayat, serta wakil direktur dan stafnya. Dalam pertemuan dengan KNKS dicapai beberapa usulan kerjasama diantaranya penyusunan kurikulum S2 Ekonomi Syari’ah, peningkatan kapasitas peneliti Ekonomi Syari’ah, dan KKN Tematik Ekonomi Syari’ah.
Selanjutnya tim Benchmarking melanjutkan kunjungan ke Prodi S2 Perbankan Syari’ah UIN Syarif Hidayatullah. Disana, ikut menyambut Dekan FEB, Wakil Dekan 2, Kaprodi S3 Perbankan Syari’ah serta Kaprodi S2 Perbankan Syari’ah serta Sekretaris Prodi S2 Perbankan Syariah FEB UIN Syarif Hidayatullah. Pertemuan belangsung secara kekeluargaan, dimulai dengan sambutan Dekan FEB UIN Syarif yang menjelaskan tentang perkembangan FEB UIN Syarif dan fokus dekan pada akselerasi dan percepatan guru besar bagi dosen-dosen FEB. Dari Prodi S3 pasca menjelaskan tentang bagaimana mempersiapkan akreditasi dengan system yang baru berbasis 9 kriteria. Sedangkan dari prodi S2 menjelaskan tentang kewajiban submit jurnal dan plagiasi checker bagi thesis-thesis yang akan disidangkan. Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab, serta diakhiri dengan sesi foto bersama.
Menurut Dr. Ali Murtadho, M.Ag, selaku Kaprodi S2 Ekonomi Syariah FEBI UIN Walisongo, pelaksanaan benchmarking ini bertujuan untuk memperkenalkan prodi kepada stakeholder atau lembaga yang memiliki hubungan dengan prodi, dan juga untuk memperluas jaringan prodi S2 Ekonomi Syari’ah, yang dapat diarahkan untuk bersinergi bersama dalam mencapai visi, misi dan tujuan Prodi S2 Ekonomi Syariah FEBI UIN Walisongo. (4qon).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X