Mahasiswa KKN Reguler UIN Walisongo Selenggarakan Festival Hari Santri dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

UIN Walisongo Online; Kendal – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-73 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan festival hari santri dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di desa Kalirejo kecamatan Singorojo, Kendal, Sabtu (9/11)
Acara tersebut dibuka langsung oleh al Bashir kepala Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) desa Kalirejo, dan dimeriahkan oleh puluhan peserta.
M. Zaenul Latif, selaku ketua panitia acara menjelaskan, kegiatan ini dihadiri oleh empat TPQ, yakni TPQ dusun kalipuru, dusun Glompong, dusun Kaligedhang, dan dusun Surak.

“Untuk teknisnya, setiap TPQ mendelegasikan 10 anak dalam semua jenis lomba, sehingga secara keseluruhan peserta berjumlah 40 anak,” Jelas Latif
Festival yang sekaligus sebagai bentuk penghormatan hari kelahiran nabi Muhammad SAW ini, memiliki tiga jenis lomba, yakni lomba hafalan surat pendek, doa sehari-hari, dan seni kaligrafi.
“Masing-masing lomba kita ambil tiga pemenang dan setiap pemenang diberi trofi, sertifikat serta hadiah hiburan,” paparnya
Juara umum dalam seluruh lomba diraih oleh TPQ Futuhiyah (dusun Kalipuru), al Bashir selaku kepala TPQ menegaskan bahwa kemenangan bukanlah tujuan utamanya dari diadakannya perlombaan ini.
“Kemenangan hanyalah bonus, yang utama adalah untuk mendongkrak semangat anak-anak dalam mengaji,” ujarnya.
Koordinator desa (kordes) Kalirejo, Dika Duwiyanto menjelaskan tujuan acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kecintaan anak sejak usia dini dalam hal mengkaji ilmu dan pengetahuan agama Islam.
“Selain untuk memotivasi anak-anak desa Kalirejo dalam memperdalam agama, acara ini juga selaras dengan tema KKN Reguler UIN Walisongo ke-73, yakni posdaya berbasis masjid dan madrasah” Tandasnya.
Tidak ada halangan berarti dalam kegiatan ini, acara yang dibuka pukul 08.00 WIB ini berhasil diselenggarakan dengan khidmat hingga usai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *