Motivasi Kreatifitas Warga Tim KKN Posko 74 Adakan Pembuatan Roti Jaring Berbahan Mangga

UIN Walisongo Online; Semarang – Divisi ekonomi posko 74 Desa Lebak, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi pembuatan roti jala mangga yang diselenggarakan di balai desa Lebak (Jumat, 08/11/19). Sosialisasi diikuti oleh 30 kader PKK yang terdiri dari dusun Bulusari, Domas, Lebak Tengah dan Brangkulon. Tidak hanya sosialisasi pembuatan roti jala mangga, tim KKN juga membagikan buku resep masakan yang dibuat oleh divisi ekonomi.
Jala mangga dibuat dari bahan dasar mangga yang dibalut dengan adonan tepung terigu, mangga, telur, dan susu yang dibentuk menyerupai jaring laba-laba. Untuk isinya terdiri dari fla dan potongan mangga kecil-kecil. Fla terbuat dari tepung maizena, susu cair, gula pasir dan kuning telur. Karena bahan dasarnya mangga, rasanyapun dominan mangga dengan bentuk yang khas.
Buah mangga dipilih karena warga Desa Lebak banyak yang menanam pohon mangga di sekitar rumahnya. “Karena banyaknya buah mangga tersebut, kami menginovasikan produk baru yang jika dikembangkan dapat menjadi peluang usaha warga untuk menambah nilai jual buah mangga, serta bisa dinikmati dengan rasa baru agar tidak membosankan.” Kata Aji Shadiqin, koordinator divisi ekonomi.
Antusias warga sangat baik. Mereka ikut serta praktik langsung membuat roti jala mangga dan di akhir kegiatan mencicipinya bersama-sama. Dengan adanya sosialisasi ini kader PKK Desa Lebak berharap agar PKK dapat lebih maju dan dapat mengolah makanan khas yang unik.
Reporter: Risma Nurkhasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X